Classroom Communication Process di Kelas BIPA Universitas Kristen Petra

Christabel Cheryl Famdale, Fanny Lesmana, Desi Yoanita

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana classroom communication process terjadi di kelas BIPA Universitas Kristen Petra. BIPA adalah singkatan dari Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing yaitu pelajaran bahasa Indonesia yang diberikan untuk mahasiswa asing. Peneliti tertarik untuk meneliti classroom communication process antara pengajar Indonesia dan siswa asing. Peneliti menggunakan metode studi kasus dan observasi non-partisipan serta wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data.

Classroom communication process dalam kelas BIPA berlangsung secara transaksional. Hal ini terutama dikarenakan proses pembuatan dan penangkapan pesan terjadi hampir bersamaan sehingga umpan balik siswa dapat segera dipahami pengajar.


Full Text:

PDF

References


Devito, J. A. (2009). Human Communication, 11th edition. Boston: Pearson Education Inc. Devito, J. A. (2011). Interpersonal messages, 2nd edition. Boston: Pearson Education Inc Effendy, O. U. (2005). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: Rosdakarya.

Fetsco, T. & McClure, J. (2005). Education Psychology: An integrated approach to classroom

decisions. Boston: Pearson Education Inc.

Hanum, N. S. (2017). The importance of classroom interaction in the teaching of reading in junior

high school. Paper presented at Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat

Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4 ed.). London: Longman. Harususilo, Y. E. (2018, Agustus 30). Diplomasi Budaya lewat Darmasiswa. Retrieved from

Kompas: https://edukasi.kompas.com/read/2018/08/30/22140201/diplomasi-budaya-

lewat-darmasiswa

Mangal, S.K. (2009). Essentials of Educational Technology. New Delhi: PHI Learning Limited.

Kindle.

McCornack, S. (2007). Reflect and Relate: Introduction to interpersonal communication. USA:

Bedford

Mulyana, D. (2014). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Naim, N. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Neuman, W. L. (2006). Social research methods: Qualitative and Quantitative Approaches.

Boston: Pearson Education Inc.

Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara. Powell, D. L., and Powell, R. G. (2015). Classroom Communication and Diversity: Enhancing

Instructutional Practice (3rd ED). London: Routledge. Kindle.

Santoso E. 2014. Classroom communication process dalam pendididkan karakter Kristen di SMA

Kristen Pelangi Kristus. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Komunikasi. Surabaya:

Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra.

Spietzberg & Cupach. (1984). Interpersonal Communication Competence. Beverly Hills: Sage

Publication

Yin, R. K. (2009). Case Study Research. London: Sage Publication.

Zeki, C. P. (2009). The importance of non-verbal communication in classroom management.

Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1443–1449.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI