Classroom Communication Process di Kelas BIPA Universitas Kristen Petra
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana classroom communication process terjadi di kelas BIPA Universitas Kristen Petra. BIPA adalah singkatan dari Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing yaitu pelajaran bahasa Indonesia yang diberikan untuk mahasiswa asing. Peneliti tertarik untuk meneliti classroom communication process antara pengajar Indonesia dan siswa asing. Peneliti menggunakan metode studi kasus dan observasi non-partisipan serta wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data.
Classroom communication process dalam kelas BIPA berlangsung secara transaksional. Hal ini terutama dikarenakan proses pembuatan dan penangkapan pesan terjadi hampir bersamaan sehingga umpan balik siswa dapat segera dipahami pengajar.
Full Text:
PDFReferences
Devito, J. A. (2009). Human Communication, 11th edition. Boston: Pearson Education Inc. Devito, J. A. (2011). Interpersonal messages, 2nd edition. Boston: Pearson Education Inc Effendy, O. U. (2005). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: Rosdakarya.
Fetsco, T. & McClure, J. (2005). Education Psychology: An integrated approach to classroom
decisions. Boston: Pearson Education Inc.
Hanum, N. S. (2017). The importance of classroom interaction in the teaching of reading in junior
high school. Paper presented at Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat
Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4 ed.). London: Longman. Harususilo, Y. E. (2018, Agustus 30). Diplomasi Budaya lewat Darmasiswa. Retrieved from
Kompas: https://edukasi.kompas.com/read/2018/08/30/22140201/diplomasi-budaya-
lewat-darmasiswa
Mangal, S.K. (2009). Essentials of Educational Technology. New Delhi: PHI Learning Limited.
Kindle.
McCornack, S. (2007). Reflect and Relate: Introduction to interpersonal communication. USA:
Bedford
Mulyana, D. (2014). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Naim, N. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Neuman, W. L. (2006). Social research methods: Qualitative and Quantitative Approaches.
Boston: Pearson Education Inc.
Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara. Powell, D. L., and Powell, R. G. (2015). Classroom Communication and Diversity: Enhancing
Instructutional Practice (3rd ED). London: Routledge. Kindle.
Santoso E. 2014. Classroom communication process dalam pendididkan karakter Kristen di SMA
Kristen Pelangi Kristus. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Komunikasi. Surabaya:
Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra.
Spietzberg & Cupach. (1984). Interpersonal Communication Competence. Beverly Hills: Sage
Publication
Yin, R. K. (2009). Case Study Research. London: Sage Publication.
Zeki, C. P. (2009). The importance of non-verbal communication in classroom management.
Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1443–1449.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI