Citra Partai Solidaritas Indonesia di Publik Milenial Surabaya

Nindy Elyse Tantono(1*), Gatut Priyowidodo(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Citra Partai Solidaritas Indonesia di Publik Milenial Surabaya. Partai Solidaritas Indonesia merupakan partai baru yang memiliki ideologi untuk meninggalkan citra partai politik yang buruk sebelumnya. Partai ini juga memberikan porsi besar kepada perempuan agar menjadi aktif dalam ranah politik di Indonesia. Elemen-elemen yang digunakan untuk mengukur citra dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggunakan komponen penelian citra milik Shirley Harrison.

 

Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei untuk mendeskripsikan citra Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di publik milenial Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan citra yang positif dengan digambarkan sebagai sebuah partai yang memiliki sebutan PSI dengan memberikan peluang yang besar bagi anak muda dan perempuan agar aktif dalam dunia politik dimana partai tersebut memanfaatkan penggunaan teknologi dalam berkampanye.


Keywords


Citra, Partai Politik, Publik, Public Relations, Public Relations untuk Politik.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Alvinaro. (2011). Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Canggara, H. (2011). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta, Indonesia: PT RajaGrafindo Persada.

Heryanto, G, dan Irwa Zarkasy. (2012). Public Relations Politik. Bogor, Indonesia: Penerbit Ghalia Indonesia.

Hidayah, S. (2018). Keterwakilan Perempuan dalam Politik. Retrived from https://news.detik.com/kolom/d-4174432/keterwakilan-perempuan-dalam-politik

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Predanada Media Group.

Movanita, A. (2018). Menanti Gebrakan Empat Partai Baru Peserta Pemilu 2019. Retrived from https://nasional.kompas.com/read/2018/02/18/09021091/menanti-gebrakan-empat-partai-baru-peserta-pemilu-2019

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.

Subiakto, H, dan Rachma Ida. (2012). Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta, Indonesia: Prenada Media Group.

Sunariyah. (2018). Survei Index: Perindo dan PSI Berpeluang Dapat Kursi di Parlemen. Retrived from https://www.idntimes.com/news/indonesia/sunariyah/survei-index-perindo-dan-psi-berpeluang-dapat-kursi-di-parlemen/full

Suwandi, I. (nd). Citra Perusahaan. Retrived from www.e-iman.uni.cc

Soemirat, S., Ardianto, E. (2007). Dasar - Dasar Public Relations. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI