Motif dan Kepuasan Subscriber Menonton Program Mata Najwa di YouTube Channel Narasi TV

Lidya Crisnanda Diwangsa(1*), Agusly Irawan Aritonang(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber menonton Program Mata Najwa di YouTube channel Narasi TV. Narasi TV adalah startup yang didirikan Najwa yang menayangkan Mata Najwa. Program Mata Najwa adalah acara talkshow yang membahas news dan politik. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu hiburan dan relaksasi, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah mencari informasi, sedangkan yang terendah adalah hubungan antar pribadi. Tetapi kesenjangan terbesar ada pada indikator hiburan dan relaksasi. Dapat dikatakan subscriber mendapatkan kepuasan terbesarnya dalam indikator hiburan dan relaksasi.


Keywords


Motif, Kepuasan, Subscriber, NarasiTV, Mata Najwa

Full Text:

PDF

References


Effendy, O.U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Itra Aditya Bakti

Effendy, O. U. (2007). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Engel, J.F, Blackwell R.D. & Miniard, P.W. (2006). Consumer behavior (10thed). USA: Thomson Higher Education.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik praktis: Riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik praktis: Riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lister, M., JonD., Seth G., and Kieran K (2009). Ner meda: A critical introduction (2nd ed). London: Routledge.

M. Sue, Valeria & Ritter, Lois A. (2007). Conducting online survey. United States of America: Sage Publications, Inc.

Moekijat. (2002). Dasar-dasar motivasi. Bandung: CV Pionir Jaya

Nazir. (2005). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurudin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Penetrasi pengguna internet Indonesia tahun 2018. (2019, Maret 20). APJII. Retrieved April 15, 2019 from www.apjii.or.id

Penetrasi pengguna internet Indonesia tahun 2017. (Maret 20, 2018). Wearesocial. Retrieved Februari 15, 2019 from wearesosial/most-active-social-media-platform-Indonesia2018

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. (Maret, 2018). Techinasia. Retrieved Februari 20, 2019 from techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2018

Prakoso, K. (2009). Lebih kreatif dengan youtube. Yogyakarta: Andi

Profil youtube narasi tv. (Januari 28, 2018). Youtube. Retrieved Februari 14, 2019 from www.najwashihab.com

Rakhmat, Jalaludin. (2007). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosady, Ruslan. (2006). Metode penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada

Rintisan awal narasi tv. (Agustus 20, 2018). Wowkeren. Retrieved from Februari 10, 2019 wowkeren.com/berita/tampil/00183897.html

Ruggiero, T. E. (2000). Uses and gratification theory in the 21st century. University of Texas at El Paso.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI