Star Studies Terhadap Image Deddy Corbuzier

Josselin Natasha Hariadi, Ido Prijana Hadi, Fanny Lesmana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa image yang dikonstruksikan oleh Deddy Corbuzier di media sosialnya. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan pada Instagram dan Youtube Deddy Corbuzier. Periode yang diteliti adalah bulan Maret 2019 karena pada bulan tersebut Deddy berhasil mencapai 3,3 juta subscribers dan hampir semua videonya masuk trending, kemudian dia dijuluki sebagai “Father of Youtube”. Penelitian star studies terhadap image Deddy Corbuzier ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang meneiti bagaimana citra yang dibangun oleh Deddy Corbuzier. Melaui analisa star studies miliki Richard Dyer, Jane Stokes, dan Erving Goffman ditemukan bahwa Deddy Corbuzier menggunakan dramaturgi untuk menciptakan citra yang positif di mata masyarakat. Deddy Corbuzier memiliki gaya hidup dengan menunjukkan kesehariannya berolahraga dan menjaga pola makan namun ia mengkonsumsi podpackers. Citra yang ingin dibangun Deddy Corbuzier adalah sebagai sosok orang sukses yang pantas dijadikan “contoh” untuk diikuti jejaknya oleh masyarakat. Selain itu Deddy adalah bintang yang selalu menuai kontroversi di mata masyarakat. Terkenalnnya seorang Deddy berkat hal-hal kontroversi yang selalu diberitakan.


Keywords


Deddy Corbuzier, star studies, Youtube, citra, kontroversi

Full Text:

PDF

References


Angka Penggunaan Media Sosial Orang Indonesia Tinggi Potensi Konflik Juga Amat Besar. (2018). Retrieved from

https://kominfo.go.id/content/detail/14136/angka-penggunaan

media-sosial-orang-indonesia-tinggi-potensi-konflik-juga-amatbesar/0/sorotan_media

Bela Demian, Deddy Corbuzier Ungkap Alasan Berhenti Jadi Pesulap. (2017). Retrieved from

https://entertainment.kompas.com/read/2017/06/02/135859710/bela.demian.deddy.corbuzier.ungkap.alasan.berhenti.jadi.pesulap

Corbuzier School of Magic History. (2009). Retrieved from

http://raneblack.blogspot.com/2009/05/corbuzier-school-of-magic-history.html

Cangara, Hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Corbin, Juliet & Strauss, Anselm. (2003). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Dyer, Richard. (1998). Stars. London : British Film Institude

Deddy Corbuzier vs Demian Aditya Siapa Yang Paling Memukau. (2017). Retrieved from

https://kumparan.com/@kumparanhits/deddy-corbuzier-vs-demian-aditya-siapa-yangpaling-memukau

Duel dengan Pesulap Dunia Deddy Corbuzier Ubah Penampilan. (2010). Retrieved from

https://hot.detik.com/tv-news/1420258/duel-dengan-pesulap-dunia-deddy-corbuzierubah-penampilan

Deddy Corbuzier Ubah Penampilan. (2010). Retrieved from

https://seleb.tempo.co/read/271129/deddy-corbuzier-ubah-penampilan

Deddy Corbuzier: Mentalist Terhebat Dunia yang Mencari Kelebihan dari Kekurangannya. (2018). Retrieved from

https://kinibisa.com/inspirasi/detail/pesulap/deddy/-corbuzier-mentalist-terhebat-dunia-yang-mencari-kelebihan-dari-kekurangannya

Deddy Corbuzier Brand Ambassador. (2016). Retrieved from

http://www.jet.co.id/news/show/deddy-corbuzier-brand-ambassador

Deddy Corbuzier Tanggapi Fenomena Vlog Artis yang Jadi Trending. Retrieved from

https://www.liputan6.com/showbiz/read/3888062/deddy-corbuzier-tanggapi-fenomena-vlog-artis-yang-jadi-trending

Fiske, John. (2007). Understanding Popular Culture. Unwin Hyman Ltd.

Gledhill, Christine. (1991). Stardom. Industry of Desire. London : 11 News Fetter Lane,

London E4C4P 4EE by Routledge

Goffman, Erving. (1956). The Presentation of Self in Everyday Life. Edinburgh : University

of Edinburgh Social Sciences Research Centre 39 George Square

Harrington, C Lee. (2001). Popular Culture. Production and Consumption. Australia : Blackwell Publishing Ltd.

Hurley, S. & Chater, N. 2005. Perspectives on Imitation: From Neuroscience to Social Science. Cambridge: MIT Press

Stokes, Jane. (2006). How To Do Media and Cultural Studies. Yogyakarta : PT Bentang Pustaka

McQuail, Denis. (2010). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika

Moleong, LJ. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya

Mulyana, Deddy. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Turner, Graeme. (2014). Understanding Celebrity. London : SAGE Publications Ltd

Siapa Deddy Corbuzier. Retrieved from

https://www.viva.co.id/siapa/read/580-deddy-corbuzier

Seleb Deddy Corbuzier. Retrieved from

https://www.wowkeren.com/seleb/deddy_corbuzier/bio.html

Debby, Carolina. 2014. Star Studies terhadap image “Syahrini”. Published undergraduate

thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Asri, Yunita. 2011. Star Studies terhadap image “Lady Gaga”. Published undergraduate

thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Andrew, David. 2018. Konstruksi Image Rich Chigga di media sosial dan media online.

Published undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Putri, Dian & Nitami, Putri. 2018. Star Image Emma Watson sebagai Celebrity Feminist.

Star studies Richard Dyer pada Karakter Belle dalam Film Beauty and The Beast

, Ilmu Komunikasi

Julietta, Gabriella. 2017. Star studies terhadap image Jovi Adhiguna. Published

undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sugriyani. 2012. Kajian Retorika Bertanya Deddy Corbuzier dalam Acara Talk Show Hitam Putih di TRANS7. Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta.

Akmala, Nisa. 2017.

Konstruksi Citra Feminisme Beyonce dalam Lirik Lagu If Were A Boy,

Run The World, Flawles (Star Studies Terhadap Beyonce Knowles). Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta.

Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Kelly, K., & Grant, I. (2009). New Media : a critical introduction (Second Edition.). New York,: Routledge.

Mcluhan, M. (1964). Understanding Media: The extensions of man (First Edit.). London, New York: McGraw Hill.

Yodmani, S., & Hollister, D. (2001). Disasters and Communication Technology : Perspectives from Asia. Second Tampere Conference on Disaster Communications (pp. 28-30)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI