Motif Dan Kepuasan Subscriber Menonton Channel Youtube Tasya Farasya

Masniari Dewi Cheryl Siregar(1*), Agusly Irawan Aritonang(2), Daniel Budiana(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini, meneliti tentang mencari motif dan kepuasan yang dirasakan oleh subscriber dari channel Youtube Tasya Farasya. Tasya Farasya sendiri merupakan beauty vlogger terpopuler di Indonesia karena popularitasnya dapat disamakan dengan selebritas di Indonesia. Dengan menggunakan teori Uses and Gratifications, peneliti meneliti dengan 4 indikator yaitu hiburan dan relaksasi, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan.Metode yang digunakan antara lain online survey, kemudian jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji deskriptif, dan uji crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator motif dan kepuasan. Hasil temuan pada penelitian ini adalah motif tertinggi berada pada indikator mencari informasi sedangkan kepuasan tertinggi berada pada motif hubungan antar pribadi.


Keywords


Motif, Kepuasan, Youtube, Beauty Vlogger, Tasya Farasya

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bachdar, S. (2017, June 21). Beauty Vlogger dan Pengaruhnya Bagi Brand Kosmetik. Retrieved June 20, 2019, from https://marketeers.com/beauty-vlogger-dan-pengaruhnya-bagi-brand-kosmetik/

Bachdar, S. (2017, May 29). Menganalisis konsumsi kosmetik perempuan millennials Indonesia. Retrieved June 20, 2019, from https://marketeers.com/menganalisa-konsumsi-kosmetik-perempuan-milenial-indonesia/

Hanson, G., & Haridakis, P. (2008). YouTube users watching and sharing the news: a Uses and Gratifications approach. The Journal of Electronic Publishing, 11(3), http://dx.doi.org/10.3998/3336451.0011.305

Kaplan, A.N., Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media bussines horizons (2010) 53, 59-68Littlejohn, S. W., Foss, & Karen A., (2008). Theories of human communication, 9th Ed. Canada: Wadsworth Publishing.

Kriyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

McQuail, D. (2012). Teori komunikasi massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Mellyaningsih, A. (2016). Motif subscriber menonton channel youtube raditya dika. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1-12.

Mogensen, D. (2015). I-want-to-do-moments: From home to beauty

Nancy, M. (n.d.). Suhay salim, rachel goddard, dan tasya farasya: 3 beauty vlogger indonesia terpopuler. Retrieved January 17, 2019, from https://glitzmedia.co/post/beauty/makeup/suhay-salim-rachel-goddard-dan-tasya-farasya

Nielsen. (2014). Global e-commerce report.

Nurudin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Pixability. (2014). Beauty on YouTube: How YouTube is Radically Transforming the Beauty Industry and What That Means for Brands.

Pixability. (2014). How youtube is radically transforming the beauty industry and what that means for brands. Beauty on YouTube, 2-375 Beauty Vlogger Indonesia yang Populer. (2019, February 26). Retrieved March 11, 2019, from https://sociabuzz.com/blog/beauty-vlogger-indonesia-populer/

Rengganis, N. (2014, September 05). 31 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sekarang, Agar Tak Ada Penyesalan di Umur 30-an. Retrieved June 17, 2019, from https://www.hipwee.com/motivasi/lakukan-31-hal-ini-agar-tak-menyesal-di-umur-30-an-nanti/

Rohrs, J. K. (2014). Audience: Marketing in the age of subscribers, fans, & followers. Canada: John Wiley & Sons, Inc

Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. (2016). The effect of online consumer review toward purchase intention: A study in premium cosmetic in Indonesia. In International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science (218-230). Faculty of Economics Universitas Negeri Yogyakarta.

Team, M. (2018, December 17). Kategori Umur Menurut WHO yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat. Retrieved June 19, 2019, from https://muamala.net/kategori-umur-menurut-who/

Widyantoro, A. 2013. Perilaku Santri Dalam Mengakses Internet (Studi Korelasi Perilaku Mengakses Internet Antara Santri SMA Al Muayyad Dan Santri SMA Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Penggunaan Situs Islami). Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI