Motif dan Kepuasan Masyarakat Surabaya Dalam Mengakses Website IDN Times

Carolina Rebeka Sondak(1*), Ido Prijana Hadi(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan masyarakat Surabaya dalam mengakses website IDN Times. Website IDN Times merupakan website yang berdiri sejak 8 Juni 2014 dengan tagline ‘The Voice of Millennials and Gen Z’ dimana segmentasinya merupakan anak milenial sekitar usia 18-24 tahun. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu dunia maya, pelampiasan sosial dan emosional, pengetahuan informasi dan lingkungan sekitar, serta menghabiskan waktu dan kebiasaan. Metode dalam penelitian ini adalah online survei dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan yang tertinggi adalah indikator pengetahuan informasi dan lingkungan sekitar. Sedangkan yang terendah adalah pada indikator dunia maya.

Keywords


Motif, Kepuasan, Website, IDN Times

Full Text:

PDF

References


Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafiindo Persada.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisaasi, komunikasi pemasaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group

_________________. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thurlow, Crispin, Laura Lengel, Alice Tomic. (2004). Computer Mediated Communication: social interaction and the internet. London: Sage Publication.

Hendroyono, Tonny. (2009). Facebook. Yogyakarta: B First.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Severin, Werner J. & Tankard, James W. (2005). Teori komunikasi: sejarah, metode & terapan didalam media massa, edisi ke-5. Jakarta: Kencana.

Umar, H. (2002). Metode riset komunikasi organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Silalahi, G. A. (2003). Metodologi penelitian dan studi kasus. Sidoarjo: CV. Citra Media.

Ferguson, Douglas A. dan Elizabeth M. Perse. (2000). “The world wide web as a functional alternative to television.” Journal of Broadcasting & Electronic Media, Spring.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI