Motif dan Kepuasan Followers dalam Mengikuti Akun @ayutingting92 di Instagram

Anno Domini Muskanan(1*), Lady Joanne Tjahyana(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada teori Uses and Gratification yang menurut Palmgreen terdapat Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). Peneliti menggunakan 3 indikator milik Tarakci & Yenicikti yaitu: sharing/communication, social escape, dan information. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motif dan kepuasan followers dalam mengikuti akun @ayutingting92 di Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya adalah onlline survey. Hasil temuannya indikator sharing/commmunication adalah yang paling memuaskan followers akun @ayutingting92 di Instagram dan generasi Y memiliki motif dan kepuasan yang tinggi.


Keywords


Motif, Kepuasan, Instagram, Media sosial

Full Text:

PDF

References


Amanah, Fathul (2016, November 23) 7 Instagram Seleb Indonesia yang Dibanjiri Lebih Banyak Haters daripada Fans. www.tribunnews.com

APJII (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Penggunaa Internet Indonesia: 2017 Survey. Jakarta: APJII

Atmoko, Bambang. (2012). Instagram Handbook.Jakarta : Media Kita.

Bohang, Fatimah (2017, Juli 26) 5 Pengguna Instagram dengan Followers Terbanyak di Indonesia. www.kompas.com

Kriyantono, Rachmat. (2009). Riset Komunikasi. Diesertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta : Prenada Media Group

Pertiwi, Wahyunanda (2019, Juni 18) Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. www.kompas.com

Pratama, Indra B. (2017). Etnografi Dunia Maya Internet. Malang: Penerbit UB Press

Ratnasari, Elise. (2017, Maret 7) Media Sosial Justru Membuat Orang Semakin Kesepian. www.cnnindonesia.com

Ruben, Brent D & Stewart, Lea P. (2013) Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers

Ruggiero,Thomas E. (2000). Uses and Gratifications Theory in the 21st Century Mass Communication & society 3(1), 3-37: University of Texas at El Paso.

Setyaningsih, Lilis. (2017, Juli 26) Warga Pengguna Aktif Instagram di Indonesia capai 45 juta terbesar di Asia Pasifik. www.tribunnews.com

Tarakci & Yenicikti. (2016). Instagram In The Context of The Uses And Gratifications Approach : Selcuk university example. Turkey : Selcuk University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI