Pengaruh Bodily Shame di Instagram terhadap Konsep Diri Remaja Perempuan

Celine Pricilia(1*), Desi Yoanita(2),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Komentar body shaming adalah tanggapan atau kesan yang ditulis seseorang yang mengkritik diri sendiri atau orang lain karena aspek penampilan fisik. Melalui komentar bodyshaming, dapat mempengaruhi konsep diri remaja perempuan. Hal ini dilakukan karena bagaimana orang lain menilai kita termasuk dalam hal penampilan, akan membentuk konsep diri kita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bodily shame di Instagram terhadap konsep diri remaja perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif, dengan metode survei dan analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Jumlah sampel yang ditentukan adalah sebesar 400 responden remaja perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bodyily shame mempengaruhi konsep diri remaja perempuan. Pengaruh yang diberikan masuk ke dalam kategori lemah. Setelah menerima komentar bodyshaming, remaja menjadi cenderung khawatir akan pendapat orang lain. Meski demikian, konsep diri remaja tetap positif.


Full Text:

PDF

References


Busro, Muhammad. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media.

Cornelia, Verina. (2018, August 21). Apa itu New Media ? 6 Karakteristik New Media. Retrieved from https://www.kompasiana.com/verinacornelia1703/5b7b1087bde5757a381cbca5/media-baru-dan-teknologi-baru-new-media-and-new-technologies.

Dolezal, Luna. (2015). The Body and Shame: Phenomenology, Feminism, and the Socially Shaped Body. United State of America: Lexington Books.

Felita et al. (2016). Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA. 5 (1).30-41.

Kartono, Kartini.(1983). Pengantar Metodologi Research. Bandung: PT.Alumni

Kriyantono, Rachmat.(2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi:Disertai Contoh Praktis. Jakarta: PT Kencana.

Koutamanis, M. et al.(2015). Adolescents’Comments In Social Media:Why Do Adolescents Receive Negative Feedback And Who Is Most At Risk?. Journal Computers in Human Behavior 53. 486-494.

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rodrigues, Eva Soraia.(2013). Shame and Social Anxiety in Adolescence The Experience of Shame Scale for Adolescents. Unpublished undergraduate thesis.Universidade de Coimbra.

Singarimbun, Masri dan Effendi. (2001). Metode penelitian survai. Jakarta: Penerbit LP3ES.

Soehartono.(2008). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono.(2002). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Tameno, Eyrene M. (2017). Kualitas Pertemanan dan Iklim Sosial Sebagai Prediktor Identitas Diri Remaja Akhir Mahasiswa Teologi yang Tinggal Di Asrama Fakultas Teologi UKAW Kupang Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Unpublished undergraduate thesis. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Thiorisa, Novilia. (2009). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Iklan Layanan Masyarakat Pendidikan DEPDIKNAS Versi ‘Sekolah Gratis Nyanyian’ di Televisi. Unpublished undergraduate thesis. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Vargas, Erika (n.d). Body-Shaming: What Is It & Why Do We Do It?. Retrieved from https://www.waldeneatingdisorders.com/body-shaming-what-is-it-why-do-we-do-it/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI