Motif dan Kepuasan Followers Dalam Mengikuti Akun @anyageraldine Di Instagram
(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan followers dalam mengikuti akun @anyageraldine di instagram. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dengan tiga indikator yaitu sharing communication, social escape dan information. Penelitian ini menggunakan metode online survey dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Eksplanatif. Sampel penelitian adalah followers akun @anyageraldine berusia 18-21 tahun, yang merupakan target usia dari akun Anya Geraldine. Pada online survey peneliti menggunakan sebagai data pengukuran skala likert. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa followers akun @anyageraldine mendapatkan kepuasan yang tertinggi adalah indikator sharing communication.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ash-shiddieq, Fahri N. T. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Valentino Rossi terhadap Brandimage
Alga Wibisono 19 Februari 2019 Biodata Anya Geraldine, Selebgram yang Kepergok Dugem Bareng Bibi Ardiansyah Kekasih Vanessa Angel Rectrieved 24 Februari 2019 fromhttp://jatim.tribunnews.com/2019/02/19/biodata-anya-geraldine-selebgram-yang-kepergok- dugem-bareng-bibi-ardiansyah-kekasih-vanessa-angel.
Kriyantono, Rachmat (2010). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Monks, 2009. Tahap Perkembangan Masa Remaja. Medical Journal New Jersey
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
M Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta;
Kobis.
Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Palmgreen, Philip. (1985). Uses and Gratifications: A Theoretical Perspective
Ruggiero, Thomas E. (2000). Uses and gratifications theory in the 21st century mass
communicatio & society 3(1), 3-37: University of Texas at El Paso.
Sarwono, S. (2011) Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sue, Valerie M., & Ritter, Lois A (2007). Conducting Online Survey Amerika: Sage Publication.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI