Motif dan Kepuasan Followers Dalam Mengikuti Akun @anyageraldine Di Instagram

Desy Apriyanti Manu Dima(1*), Ido Prijana Hadi(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan followers dalam mengikuti akun @anyageraldine di instagram. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dengan tiga indikator yaitu sharing communication, social escape dan information. Penelitian ini menggunakan metode online survey dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Eksplanatif. Sampel penelitian adalah followers akun @anyageraldine berusia 18-21 tahun, yang merupakan target usia dari akun Anya Geraldine. Pada online survey peneliti menggunakan sebagai data pengukuran skala likert. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa followers akun @anyageraldine mendapatkan kepuasan yang tertinggi adalah indikator sharing communication.


Keywords


Motif, Kepuasan, Followers akun @anyageraldine, Media Sosial Instagram

Full Text:

PDF

References


Ash-shiddieq, Fahri N. T. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Valentino Rossi terhadap Brandimage

Alga Wibisono 19 Februari 2019 Biodata Anya Geraldine, Selebgram yang Kepergok Dugem Bareng Bibi Ardiansyah Kekasih Vanessa Angel Rectrieved 24 Februari 2019 fromhttp://jatim.tribunnews.com/2019/02/19/biodata-anya-geraldine-selebgram-yang-kepergok- dugem-bareng-bibi-ardiansyah-kekasih-vanessa-angel.

Kriyantono, Rachmat (2010). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Monks, 2009. Tahap Perkembangan Masa Remaja. Medical Journal New Jersey

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

M Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta;

Kobis.

Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Palmgreen, Philip. (1985). Uses and Gratifications: A Theoretical Perspective

Ruggiero, Thomas E. (2000). Uses and gratifications theory in the 21st century mass

communicatio & society 3(1), 3-37: University of Texas at El Paso.

Sarwono, S. (2011) Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sue, Valerie M., & Ritter, Lois A (2007). Conducting Online Survey Amerika: Sage Publication.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI