Relational Maintenance Antara Ayah dan Anak yang Bersatu Kembali Setelah Perceraian

Evelyn Jessica, Desi Yoanita, Astri Yogatama

Abstract


Single parent merupakan salah satu masalah atau fenomena yang dapat diartikan sebagai keluarga yang orang tuanya hanya terdiri dari seorang ibu atau seorang ayah, dan dapat bertanggung jawab untuk mengurus setiap anaknya setelah perceraian, mati, atau kelahiran anak di luar nikah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui relational maintenance antara ayah dan anak yang bersatu kembali setelah berpisah karena perceraian. Komunikasi keluarga adalah salah satu dasar utama untuk membangun relational maintenance antara ayah kepada anak, sehingga relasi dan hubungan keduanya dapat semakin membaik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Terdapat tiga aspek temuan utama dalam penelitian ini yaitu proses relational maintenance yang meliputi confirmation, rituals, dan relations currencies. Kedua, adanya hambatan komunikasi yang disebabkan oleh prasangka, perbedaan gender, perasaan, motivasi terpendam, dan perbedaan pendapat. Sedangkan, orang ketiga yang ikut terlibat dalam membantu relational maintenance tersebut yaitu kakak perempuan pertama dan kerabat perempuan dari pihak ayah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya relational maintenance yang dibangun oleh ayah  kepada anak hanya sampai pada tahap afektif (intimacy). Oleh karena itu, relasi atau hubungan di antara keduanya terus diupayakan sehingga dapat mencapai tahap pertukaran stabil.


Keywords


Relational Maintenance, Relasi atau Hubungan, Ayah dan Anak, Komunikasi Keluarga, Single Parent.

Full Text:

PDF

References


Abi. P. I. S. (2017). Relationship Maintenance Antara Remaja Akhir dan Keluarga Dalam Mempertahankan Hubungan Yang Harmonis Melalui Aplikasi Blackberry Messenger (BBM). Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/25152/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Andrew M. L. & Stephenson J. B. (2014). A Theoritical Comparison of Relational Maintenance and Closeness as Mediators of Family Communication Patterns in Parent-Child Relationships. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/271625190_A_Theoretical_Comparison_of_Relational_Maintenance_and_Closeness_as_Mediators_of_Family_Communication_Patterns_in_Parent-Child_Relationships/download

Devito, A. (2016). The Interpersonal Communication Book. (4th ed.). United States: Pearson Education.

Dindia, K., & Canary, D. S. (1993). Definitions and theoretical perspectives on maintaining relationships. Journal of Social and Personal Relationships, 10, 163-173.

Indri Ayu Putri, K. (2011). Hambatan Komunikasi Interpersonal Antara Anak Dengan Orang Tua Yang Bercerai. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=21397

Kathleen M., Galvin., Dawn., Carma L. Bylund. (2016). Family Communication Cohesion and Change (9th ed.). New York, USA: Routledge.

Kriyantono, R. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.

Narendra, P. (2008). Metodologi Riset Komunikasi. Yogyakarta: Balai Pengkajian dan Pengembangan Informasi (BPPI) Pusat Kajian Media dan Budaya Populer.

Yin, R, K. (2008). Studi Kasus (Desain Dan Metode), (Case Study Research Design and Methods). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI