Citra The Boeing Company di Media Online Pasca Kasus Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610 dan Ethiophian Airlines ET 302
(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Citra terbentuk dari apa yang dialami oleh publik mengenai perusahaan. Sebuah krisis dapat mempengaruhi citra yang dimiliki oleh perusahaan. Public Relations perlu memperhatikan bagaimana citra perusahaan di mata publiknya, salah satunya media massa. Sebab, media massa dapat membentuk opini publik. Penelitian ini melakukan analisis untuk mengetahui penggambaran citra media online terhadap perusahaan Boeing pasca kasus jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dan Ethiophian Airlines ET 302. Penelitian ini menggunakan elemen citra dari Marita Vos. Hasil dari penelitian pasca kasus jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dan Ethiophian Airlines ET 302 oleh media online, citra The Boeing Company digambarkan melalui elemen familiarity yaitu pengenalan media terhadap perusahaan, baik terhadap produk, pelayanan, kebijakan, pejabat perusahaan atau finansial perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Bhasin, Hitesh. (2018, 13 Januari). Top 10 Aerospace Companies in The World in 2017. Marketing91.com. Retrieved March 31 from https://www.marketing91.com/top-aerospace-companies/
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Iriantara, Yosal. (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.
Kriyantono, Rachmat. (2012). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Kencana: Jakarta.
Moore, Frazier. (2005). Humas (membangun citra dengan komunikasi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nova, Firsan. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: PT. Grasindo.
Rumanti, Maria Assumpta. (2002). Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Seitel, Fraser P. (2011). The Practice of Public Relations: Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Eduation, Inc.
Vos, Marita & Schoemaker, Henny. (2006). Monitoring Public Perception of Organizations. Den Haag: Boom Onderwijs.
Wilcox, Dennis L., Cameron, Glen T., Agee. (2006). Public Relations: Strategies and Tactics (8th Ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI