Perilaku Konsumen Dalam Memilih DANA Sebagai Aplikasi Fintech Payment

Gaby Lingga Safira(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Era digital yang serba praktis memicu munculnya berbagai perusahaan fintech payment di Indonesia, salah satunya adalah DANA. Persaingan bisnis yang ketat sehingga mengharuskan perusahaan untuk merancang suatu strategi pemasaran yang didasari dengan riset perilaku konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perilaku konsumen dalam memilih DANA sebagai aplikasi fintech payment dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Terdapat empat proses pengambilan keputusan dalam perilaku konsumen, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, dan keputusan membeli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam tahap pengenalan masalah melibatkan penawaran pembayaran dari merchant di mall dan lingkungan sosial. Dalam tahap pencarian informasi, WOM dari teman dan Instagram dijadikan sebagai sumber dalam mencari informasi. Lalu, dalam tahap evaluasi alternatif WOM dari teman dan Instagram dijadikan sebagai sumber yang dipercaya. Namun, pada tahap keputusan membeli, yang menjadi faktor pendorong adalah promosi yang ditawarkan.


Keywords


Perilaku Konsumen, Proses Pengambilan Keputusan, Fintech Payment, DANA

Full Text:

PDF

References


.

Aisah, Siti. Tipe konsumen generasi milenial. 17 December 2018. 10 June 2019. .

Amirullah, SE., MM. Perilaku konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2002.

Aprilisa, Ema. 3 sikap yang perlu dihindari untuk jadi generasi milenial sejati. 21 June 2017. 10 June 2019. .

Ardela, Fransiska. n.d. .

Azwar Haekal, Bambang Widjajanta. "Pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat membeli secara online pada pengunjung website classfields di indonesia." Journal of Business Management Education 1.1 (2016): 181-193. 6 July 2019.

Badan Diklat. Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan. 8 May 2015. 9 June 2019. .

Badan Pusat Statistik. n.d. .

Bank Indonesia. Bank Indonesa. n.d. .

Clinten, Bill. Aplikasi dompet digital dana resmi hadir di android dan ios. 6 December 2018. .

Dana. n.d. .

Dewi, Fajar Laksmita. 7 sifat milenial yang paling bikin resah orang tua, kamu pernah? 13 August 2018. 10 June 2019. .

Etika, Nimas Mita. Usia 25 adalah waktu terbaik untuk membuat keputusan dengan cepat. 6 September 2017. 15 June 2019. .

Hidayat, Wahyu. Infosurabaya.id. 15 February 2019. 6 July 2019. .

Kompas.com. Apa kelebihan dana dibanding aplikasi dompet digital lain. 6 December 2018. .

Kontan.co.id. 19 February 2018. .

Mangkunegara, Anwar Prabu. Perilaku konsumen edisi revisi. Bandung: Refika Aditama, 2002.

Nadhifah, Ainun. Berkenalan dengan dana, startup yang hadirkan masa depan pembayaran digital di indonesia. 13 September 2018. .

Panji, Aditya. Tren e-commerce perlu didorong perusahaan fintech. 13 January 2016. .

Perdana, Jaka. Klasifikasi empat jenis fintech menurut bank indonesia. 23 May 2017. .

Psychologymania. Psikologi (perkembangan dewasa awal). 12 July 2011. .

Rahadian, Aristya. Milenial pasar terbesar fintech. 13 January 2018. .

Ramadhani, Niko. Kenalan dulu dengan berbagai jenis fintech di indonesia! 14 November 2018. .

Setiadi, Nugroho J. Perilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Surya.co.id. Satu tahun beroperasi, aplikasi dana sudah diunduh 10 juta kali. 29 March 2019. 09 April 2019. .

Tashandra, Nabilla. Kaum urban milenial senang berburu promo saat belanja. 18 April 2018. 15 June 2019. .

Umar, Husein. Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: JBRC, 2005.

Yuswohady. Why millenials love fintech? n.d. 10 June 2019. .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI