Citra Lion Air di media online Tribunnews.com pasca jatuhnya pesawat Lion Air JT 610

Gracia Maria Priscilla, Titi Nur Vidyarini, Monica Rusdianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra Lion Air yang terdapat dalam pemberitaan media online Tribunnews.com pasca jatuhnya pesawat JT 610. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori citra dengan indikator primary impression, familiarity, perception, preference, dan position yang dicetuskan oleh Marita Vos. Selain itu ada pula variabel tambahan yakni narasumber berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra Lion Air dalam sampel yakni sebanyak 236 berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen citra Lion Air paling banyak digambarkan melalui elemen citra familiarity, dimana menunjukan pengenalan media terhadap perusahaan. Elemen ini secara dominan ditunjukkan melalui indikator produk dan jasa, yaitu informasi terkait pesawat JT 610. Selain itu, sebagian besar pemberitaan di Tribunnews.com mengambil narasumber dari eksternal perusahaan, khususnya pengamat profesional.


Keywords


Citra, Lion Air, Tribunnews.com, dan Jatuhnya Pesawat JT 610

Full Text:

PDF

References


Billy, Apfia Tioconny. (2018, 29 Oktober). Fokus Pencarian Menhub Belum Bahas Soal Sanksi Untuk Lion Air. Tribunnews.com. Retrieved February 17 from http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/29/fokus-pencarian-pesawat-menhub-belum-bahas-soal-sanksi-untuk-lion-air

Candraditya, Vincentius Jyestha. (2018, 3 November). Sering Dikeluhkan 7 Tahun Terakhir, YLKI: Budaya Safety Lion Air Tidak Baik. Tribunnews.com. Retrieved 14 February from http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/03/sering-dikeluhkan-7-tahun-terakhir-ylki-budaya-safety-lion-air-tidak-baik

Djuraid, Husnun N. (2006). Panduan Menulis Berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhamadiyah Malang.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hardjana, Andra. (2008). Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. 5 (1), 12-13. Retrieved July 9, 2019, from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/215.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Public Relations & Crisis Management. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lellyana, Putri Atikah. (2015). Pengaruh Berita Kecelakaan Maskapai Penerbangan AirAsia di Media Online terhadap Citra Jasa Penerbangan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

McQuail, Denis. (2000). Mass Communication Theory. London: Sage.

Newsom, Doug., Judy VanSlyke Turk., Dean Kruckeberg. (2004). This is PR; The Realities of Public Relations. Kanada: Wadsworth.

Nova, Firsan. (2007). Crisis Public Relations (Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan). Jakarta: Grasindo.

Nova, Firsan. (2009). Crisis Public Relations. Jakarta: PT Grasindo.

Nova, Firsan. (2014). PR WAR. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Regester, Michael, and Judy Larkin. (2008). Risk Issues and Crisis Management in Public Relations. London: Kogan Page Limited.

Rumanti, Maria Assumpta. (2005). Dasar – Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT Grassindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Vos, Marita., Henny Schoemaker. (2006). Monitoring Public Perception of Organisations. Den Haag: Boom Onderwijs.

Wijaya, Ratnasari Puspa. (2013). Citra Telkomsel Pasca Kasus Pailit dalam Bisnis Indonesia dan Investor Daily. Surabaya: Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI