Citra Shopee Pasca Kasus Petisi Pemboikotan Iklan Versi Blackpink “12.12 Birthday Sale” di Media Online

Ellen Ganeshawati Bahtera, Titi Nur Vidyarini, Monica Rusdianto

Abstract


Citra merupakan aset terpenting bagi perusahaan. Karena opini publik dapat mempengaruhi citra perusahaan, maka dari itu penting bagi perusahaan untuk menganalisa citra pasca krisis untuk mengetahui gambaran publik mengenai perusahaan. Salah satu cara untuk menganalisis citra perusahaan adalah melalui berita-berita di media online. Media berperan dalam mempengaruhi opini yang berpengaruh pada citra, terutama pada Shopee pasca kasus petisi pemboikotan Iklan versi Blackpink “12.12 Birthday Sale”. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa serta mengetahui gambaran/ citra Shopee di media online pasca kasus tersebut dengan melakukan analisis isi kuantitatif. Hasilnya adalah citra Shopee dikenal dan diketahui oleh media online terkait program TV Commercial Blackpink 12.12 Birthday Sale dan digambarkan sebagai e-commerce No. 2 di Indonesia yang untung.


Keywords


Citra, Shopee, Krisis, Iklan versi Blackpink “12.12 Birthday Sale”, Media Online

Full Text:

PDF

References


Berner, Michael. (1994). Measuring Corporate Image in The Print Media: An Application of Multidimensional Scaling and Content Analysis Methodologies. Canada: Simon Fraser University.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.

Horngren, C. & Harrison, W. (1997). Akutansi di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Nasrullah, Rullli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (CYBERMEDIA). Jakarta: Prenadamedia Group.

Nova, Firsan. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: PT. Grasindo.

Soemirat, Soleh & Elvinardo, Ardianto. (2003). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sukmawati, Siska. (2017). Membangun Daerah Melalui Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Vol. 4, No. 2. Jurnal Selat. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau.

Theaker, A., Yaxley, H. (2013). The Public Relations Strategic Toolkit: An Essential Guide to Succesful PR Practice (1st ed). New York: Routledge.

Vos, Marita & Schoemaker, Henny. (2006). Monitoring Public Perception of Organizations. Den Haag: Boom Onderwijs.

Alexa.com. (n.d). Top Sites in Indonesia. Retrieved 10 January 2019 from https://www.alexa.com/topsites/countries/ID

Ariani, D. Wahyu. (n.d). Manajemen Kualitas. Modul 1, p. 40. Retrieved 2 Mei 2019 from http://repository.ut.ac.id/4792/1/EKMA4265-M1.pdf

Francis, Abey. (n.d). Case Study: Cadury Crisis Management (Worm Controversy. Retrieved 11 Februari 2019 from https://www.mbaknol.com/management-case-studies/case-study-cadbury-crisis-management-worm-controversy/)

Murthado, Aysha. (2018). Menyambut Shopee 12.12 Birthday Sale, Shopee Mengumumkan Blackpink sebagai Brand Ambassador Regional. Retrieved 18 January 2019 from https://pressrelease.kontan.co.id/release/menyambut-shopee-1212-birthday-sale-shopee-mengumumkan-blackpink-sebagai-brand-ambassador-regional

Rafikasari, Diana. (2018). Blackpink Resmi Menjadi Brand Ambassador Platform Belanja Online. Retrieved 18 Januari 2019 from https://lifestyle.sindonews.com/read/1356209/166/blackpink-resmi-menjadi-brand-ambassador-platform-belanja-online-1542720001

Shelavie, Tiara. (2018). KPI Beri Peringatan Keras pada 11 Stasiun TV yang Tayangkan Iklan Shopee BLACKPINK. Retrieved 19 January 2019 from http://www.tribunnews.com/section/2018/12/11/kpi-beri-peringatan-keras-pada-11-stasiun-tv-yang-tayangkan-iklan-shopee-blackpink

Widjojo, I. Ongko. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, 1-12. Retrieved 2 Mei 2019 from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/247


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI