Tingkat Pengetahuan Pengguna Go-Jek di Surabaya Mengenai Logo Baru Aplikasi Go-Jek

Felicia Brigitta Lavenia(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengenai Tingkat Pengetahuan Pengguna Go-Jek di Surabaya Mengenai Logo Baru Aplikasi Go-Jek. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan tersebut peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif dengan cara membagikan kuesioner kepada pengguna aplikasi Go-Jek yang berdomisili di Surabaya. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, tingkat pengetahuan, marketing public relations, dan logo. Hasil akhir dari penelitian ini secara keseluruhan adalah pengguna aplikasi Go-Jek di Surabaya memiliki tingkat pengetahuan yang masuk dalam kategori sedang mengenai logo baru aplikasi Go-Jek, dengan unsur elemen logo yaitu elemen bentuk, elemen warna, dan elemen teks/typography.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Elemen Logo, dan Logo Baru Aplikasi.

Full Text:

PDF

References


Abadi, S., et al. (1994). Marketing Public Relations. Jakarta: Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Cahya, P. (2018, February, 17). Makin Ketat, Begini Persaingan Tiga Transportasi Online Terbesar di Indonesia. idntimes.com. Retrieved from January, 7, 2019 from https://www.idntimes.com/business/economy/putriana- cahya/persaingan-tiga-transportasi-online-terbesar/full

Dyo, W. & Ramdoni, M. (2018, December, 3). Ini Alasan Go-Jek Ganti Logo. 20. detik.com. Retrieved January, 7, 2019 from https://20.detik.com/e-flash/20181203-181203067/ini-alasan-go-jek- ganti-logo

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Gojek. (n.d). About Go-Jek. go-jek.com. Retrieved January, 5, 2018 from www.go-jek.com/about/

Iskandar. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Mowen, J. C. & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid I. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lingga, M. A. (2018, November, 12). BPTJ: Perkembangan Angkutan Online Suatu Keniscayaan. ekonomi.kompas.com. Retrieved July, 4, 2019 from https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/12/125054226/bptj-perkembangan-angkutan-online-suatu-keniscayaan.

Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murphy. (1993). How to Design Trade Marks and Logos. North Light: Cincinnati, Oh.

Notoatmodjo. (2005). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Odbrand. (2012, June, 4). Mengapa harus ganti logo. odbrand.com. Retrieved January, 6, 2019 from https://odbrand.com/2012/06/04/mengapa-harus-ganti-logo/

Ruslan, R. (2009) Manajemen Public Relations dan Media. Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setyowati, D. (2018, April, 4). Nadiem Makarim Klaim Go-Jek Punya 20 Juta Pengguna. katadata.co.id. Retrieved January, 15, 2019 from https://katadata.co.id/berita/2018/04/26/nadiem-makarim-klaim-go-jek-punya-20-juta-pengguna Silalahi, Dr. Ulber, MA. (2012). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika.

Sularko, H., Prawata, V., & Widranata, M. (2008). How Do They Think. Jakarta: Mosher.

Wasesa, A. (2005). Strategi Public Relations. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wheeler, A. (2009). Designing brand identity. New Jersey: John Wiley & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI