Star Studies Terhadap Image Cristiano Ronaldo

Herodion Verdianto(1*), Fanny Lesmana(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui citra diri seperti apa yang dikonstruksikan oleh Cristiano Ronaldo, karena Cristiano Ronaldo adalah pemain sepak bola terbaik dunia yang kontroversial. Penelitian ini menggunakan metode star studies dengan melihat penampilan di Instagram dan portal berita olahraga, Bola.com. Image yang dikonstruksikan oleh Cristiano Ronaldo adalah image seorang spornosexual, anti rasisme, dan histrionik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif.


Keywords


Star studies, Cristiano Ronaldo, Spornoseksual

Full Text:

PDF

References


Alyusi, D. (2016). Media Sosial : Interaksi, Identitas, Modal Sosial. Surabaya: Prenada Media.

Andre, D. (2018). Konstruksi Image Rich Chigga di Media Sosial dan Media Online. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Andrews, L. D. (2001). Sport Stars : The Cultural Politics of Sporting Celebrity. London: Routledge.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Benoit, W. L. (1995). Accounts, excuses, and apologies : A theory of image restoration. Albany, New York: State University of New York Press.

Caioli, L. (2014). Ronaldo: The Obsession for Perfection. Jakarta: Matahari.

Djajapurusa, K. I. (2016). Does Size Really Matter : The Rise of Spornosexual.

Dyer, R. (1986). Heavenly Bodies : Film Stars and Society. London: Macmillan Education Ltd.

-------- (1998). Stars. London: BFI.

Gledhill, C. (2003). Stardom : industry of desire. New York: Routledge.

Goffman, E. (2011). The Presentation Of Self In Everyday Life. New York: Bantam Doubleday Dell Publishing Group.

Mayfield, A. (2008). What is Social Media? London: iCrossing.

McDonald, P. (2000). The star system : Hollywood Production of Popular Identies. London: Wallflower Publishing Limited.

Moerdijati, S. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: PT REVKA PETRA MEDIA.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nevid, J. S. (2005). Psikologi Abnormal / Edisi Kelima / Jilid 1. Penerbit Erlangga.

Nitami, P. D. (2018). Star Image Emma Watson Sebagai Celebrity Feminist . Malang : Universitas Brawijaya.

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online : Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa.

Stokes, J. (2003). How To Do Media & Cultural Studies. London: SAGE Publications.

Sutarsih, T. (2017). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI