Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Citra Jokowi-Ma’ruf Pasca Debat Pemilihan Presiden 2019

Yoviane Tania Linggani(1*), Gatut Priyowidodo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini masyarakat Surabaya mengenai citra Jokowi-Ma’ruf pasca debat pemilihan presiden 2019. Debat merupakan salah satu sarana bagi Jokowi-Ma’ruf untuk membentuk citra di depan publik. Citra yang dibentuk oleh Jokowi-Ma’ruf dapat membentuk opini dalam masyarakat Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui opini masyarakat Surabaya terhadap citra Jokowi-Ma’ruf pasca debat pemilihan presiden 2019. Terdapat beberapa komponen opini yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu komponen kepercayaan, nilai dan pengharapan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei untuk mendeskripsikan opini masyarakat Surabaya. Berdasarkan konsep dan teori, sebuah proses komunikasi politik yang baik akan menghasilkan efek yang positif. Hal ini terjadi dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa opini masyarakat Surabaya adalah positif terhadap citra Jokowi-Ma’ruf pasca debat pemilihan presiden 2019. Dengan komponen kepercayaan dan nilai mendapatkan hasil opini kategori positif dan komponen pengharapan mendapatkan hasil opini kategori sangat positif. Maka hal ini dapat mengindikasikan bahwa proses komunikasi politik dengan cara debat pemilihan presiden ini tepat digunakan untuk mempengaruhi opini publik, khususnya masyarakat Surabaya.


Keywords


Opini, Citra, Debat Pemilihan Presiden 2019

Full Text:

PDF

References


Berger, Bruce, and Park, Dong-Jin. (May 27, 2003). CEO images in magazines and newspaper, 1990-2001. Paper presented at annual meeting of the International Communication Association, San Diego, CA. Online PDF. All Academic. Retrieved February 11, 2019 from www.allacademic.com/meta/p112152_index.html

BPS. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Website Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Retrieved June 13, 2019, from https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acde-buku-profil-generasi-milenia.pdf

Cangara, H. (2011). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta, Indonesia: RajaGrafindo Persada.

Eriyanto. (2007). Teknik Sampling: Analisis Opini Publik. Yogyakarta, Indonesia: LKiS Yogyakarta

Fahmi, Y. (2018, July 21). Pengamat LIPI: Elektabilitas Jokowi Tinggi karena Kinerja. Liputan 6 Cyber Media. Retrieved February 12, 2019, from https://www.liputan6.com/pilpres/read/3595549/pengamat-lipi-elektabilitas-jokowi-tinggi-karena-kinerja

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta, Indonesia: Indeks kelompok Gramedia.

Koto, R. (2014, June 23). Makna Jokowi-JK Dominan Didukung Rakyat Kecil. Kompasiana Cyber Media. Retrieved June 12, 2019, from https://www.kompasiana.com/ajuskoto/54f6e744a33311c55c8b4d25/makna-jokowijk-dominan-didukung-oleh-rakyat-kecil-dan-perempuan

Kuwado, F. (2018, October 20). 4 Tahun Jokowi-JK dan Catatan Pembangunan Infrastruktur. Kompas Cyber Media. Retrieved February 15, 2019, from https://nasional.kompas.com/read/2018/10/20/14144381/4-tahun-jokowi-jk-dan-catatan-pembangunan-infrastruktur?page=all

Nathaniel, F. (2019, April 3). Survei: Jokowi Unggul di Kalangan Pemilih Berpendidikan Rendah. Tirto.id Cyber Media. Retrieved June 12, 2019, from https://tirto.id/survei-jokowi-unggul-di-kalangan-pemilih-berpendidikan-rendah-dkZo

Nimmo. (2000). Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

_________. (2004). Komunikasi Politik. Bandung: Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Ochtiva, B. (2017). Opini Pemilih Pemula Surabaya terhadap Citra yang ditampilkan pada Iklan Politik Mars Perindo. Jurnal Universitas Airlangga Surabaya. Retrieved February 16, 2019, from http://repository.unair.ac.id/67887/3/Sec.pdf

Perloff, R. (2018). The Dynamics of Political Communication. New York: Routledge.

Puspita, F. (2011). Opini masyarakat terhadap citra Wali Kota Surabaya pasca kasus pemakzulan oleh DPRD Surabaya. Retrieved February 16, 2019, from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=24520

Subiakto, H. (2012). Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta, Indonesia: Prenada Media Group.

Triyoga & Firdaus. (n.d). Survei IDM: Kinerja Jokowi-JK di Bidang Ekonomi Gagal. Viva Cyber Media. Retrieved February 12, 2019, from https://www.viva.co.id/berita/politik/1039774-survei-idm-kinerja-jokowi-jk-di-bidang-ekonomi-gagal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI