Implementasi Competitive Identity Kota Surabaya (Analisis Isi Pada Facebook ‘Bangga Surabaya’

Wenny Chentya, Titi Nur Vidyarini, Vita Monica

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dari competitive identity Kota Surabaya melalui halaman Facebook Bangga Surabaya. Simon Anholt merumuskan enam elemen yang dibutuhkan demi usaha untuk membangun reputasi sebuah kota yang memiliki daya saing. Ke-enam elemen tersebut adalah tourism, brands, policy, investment, people dan culture. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini, peneliti melihat bahwa ke-enam elemen competitive identity terimplementasikan pada halaman Facebook Bangga Surabaya periode Januari – Maret 2019. Elemen People menjadi elemen yang paling banyak muncul yaitu 107 post atau 83% dari 129 keseluruhan post yang diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat merupakan hal yang selalu ditampilkan sebagai sesuatu yang dapat menggambarkan citra kota Surabaya. Dalam praktiknya, Humas Pemerintah Kota Surabaya menjalankan tugas utama seorang Public Relations yaitu sebagai saluran perpanjangan dari pemerintah ke masyarakat Surabaya melalui media komunikasi Facebook Bangga Surabaya.


Keywords


Competitive Identity, Facebook, Kota Surabaya, Humas Pemerintah, Public Relations 2.0, Analisis Isi

Full Text:

PDF

References


Anholt, S. (2007). Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities dan Regions. In S. Anholt, Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities dan Regions. New York: Palgrave Macmillan.

Eriyanto. (2015). Analisis isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media.

Krippendorf, K. (1993). Analisis isi: pengantar teori dan metodologi . Jakarta: Rajawali Press.

Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan dan Praktik di Indonesia. (N. Gunarjo, Ed.) Jakarta: Prenadamedia Group.

We are social . (2018). Digital in 2018 Southeast Asia. we are social.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI