Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Four Points by Sheraton Surabaya

Tiffany Tiffany(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Four Points by Sheraton Surabaya merupakan salah satu brand dari jaringan hotel internasional, yaitu Marriott International. Sebagai salah satu jaringan Marriott International, yang sudah memiliki pioneer sebelumnya maka peneliti tertarik untuk meneliti brand awareness. Kesadaran merek (brand awareness) artinya kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. Four Points by Sheraton Surabaya telah mengkomunikasikan mengenai brand nya meliputi kelima brand elements yang terdiri dari brand name, URLs, logo & symbol, slogan, dan packaging melalui beberapa media komunikai yang dianggap efektif oleh manajemen Four Points by Sheraton Surabaya, yaitu melalui media sosial Instagram dan media cetak seperti sign board dan flyer. Brand awareness merupakan aset yang tahan lama dan berkelanjutan, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetaui brand awareness masyarakat Surabaya terhadap brand Four Points by Sheraton Surabaya yang diukur dari kesadaran masyarakat terhadap kelima brand elements. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand awareness masyarakat Surabaya terhadap brand Four Points by Sheraton Surabaya ada pada tingkat kedua terendah, yaitu Brand Recognition.

Four Points by Sheraton Surabaya merupakan salah satu brand dari jaringan hotel internasional, yaitu Marriott International. Sebagai salah satu jaringan Marriott International, yang sudah memiliki pioneer sebelumnya maka peneliti tertarik untuk meneliti brand awareness. Kesadaran merek (brand awareness) artinya kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. Four Points by Sheraton Surabaya telah mengkomunikasikan mengenai brand nya meliputi kelima brand elements yang terdiri dari brand name, URLs, logo & symbol, slogan, dan packaging melalui beberapa media komunikai yang dianggap efektif oleh manajemen Four Points by Sheraton Surabaya, yaitu melalui media sosial Instagram dan media cetak seperti sign board dan flyer. Brand awareness merupakan aset yang tahan lama dan berkelanjutan, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetaui brand awareness masyarakat Surabaya terhadap brand Four Points by Sheraton Surabaya yang diukur dari kesadaran masyarakat terhadap kelima brand elements. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand awareness masyarakat Surabaya terhadap brand Four Points by Sheraton Surabaya ada pada tingkat kedua terendah, yaitu Brand Recognition.


Keywords


Brand Awareness, Brand Elements, Four Points by Sheraton Surabaya, Masyarakat Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. (2010). Building Strong Brands. New York: Pocket Books.

Abadi, S. (1994). Marketing Public Relations Upaya Memenangkan Persaingan.

Jakarta: Lembaga Management Feui.

Alifahmi, H. (2008). Marketing Communication Orchestra. Bandung: Examedia

Publishing.

Durianto, Sugiarto&Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Duncan, T. (2002). Principles of Advertising and IMC, 2nd edition. New York:

McGraw-Hill.

Kennedy, E. & Soemanegara, R. (2009). Marketing Communication: Taktik dan

Strategi. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, P. & Keller, K.L (2012). Marketing Management, 14th edition. New Jersey:

Prentice Hall.

Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta:

Erlangga.

Kotler, P. & Pfoertsch. (2006). B2B Brand Management. Germany: Springer.

Kriyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Rangkuti, F. (2004). The Power of brands. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, T.A. (2004). Promotion management and marketing communications. USA: The Dryden Press.

Singarimbun, Masri, dan Sofian Effendi. (2008). Metode Penelitian Survei.

Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Straub, J. & Attner. (1994). Introduction to Business. California: Wardworth

Publishing Company.

Suryabrata, Sumadi (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sugiyono. (2002). Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh. Bandung: CV.

Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

PT Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI