Evaluasi Special Event Ciputra World Fashion Week 2018 oleh Ciputra World Surabaya

Olivia Hans Yangga, Titi Nur Vidyarini, Astri Yogatama

Abstract


Ciputra World Fashion Week (CWFW) 2018 adalah special event tahunan yang diadakan oleh Ciputra World Surabaya. Objektif yang ingin dicapai adalah untuk menaikkan standar fashion masyarakat Surabaya. Setelah 6 tahun diadakan, event ini belum mencapai objektif yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi special event CWFW 2018. Evaluasi dilakukan dengan melihat lima tahapan manajemen event yaitu riset, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian adalah studi kasus dengan menggabungkan berbagai sumber data. Temuan dari penelitian ini adalah objektif yang ditentukan tidak memiliki tolok ukur yang jelas. Kedua, penentuan tema acara ditentukan oleh Chief Promotion tanpa melibatkan anggota divisi promosi yang lain. Ketiga, waktu persiapan yang cukup dengan melakukan rapat berkala membuat divisi promosi dapat membahas persiapan acara dengan matang. Keempat, pembagian tugas disesuaikan dengan kemampuan anggota divisi promosi sehingga setiap tugas dilakukan dengan baik. Kelima, tidak dilakukannya evaluasi tertulis dan rapat khusus untuk mengevaluasi event. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa meskipun tahapan manajemen event tidak dilakukan seluruhnya, namun pada saat pelaksanaan acara tetap berjalan sesuai dengan perencanaan kegiatan.


Keywords


Public Relations, Special Event, Evaluasi Special Event, Ciputra World Fashion Week 2018, Ciputra World Surabaya

Full Text:

PDF

References


Cutlip, S.M., Center, A.H. & Broom, G.M. (2000). Effective public relations (8th ed.). New Jersey: Upper Saddle River.

Goldblatt, J. (2002). Special events 3rd edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Natoradjo, S. (2011). Event organizing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Ruslan, R. (2007). Manajemen public relations dan media komunikasi: Konsepsi dan aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Watson, T., & Noble, P. (2007). Evaluating public relations: A best practice guide to public relations planning, research & evaluation (2nd ed). London: Kogan.

Yin, Robert K. (2006). Studi kasus: Desain & metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yuda, A.R., Hafiar, H., & Sjoraida. D.F. (2016). Evaluasi kegiatan Indonesia Congress of Muslim Students 2014 Hizbut Tahrir Indonesia (Undergraduate Thesis, Universitas Padjadjaran, 2016). Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/884/1608


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI