Evaluasi Strategi Program Promosi “Weekend Sale 2018” oleh Ciputra World Surabaya

Pamela Andeata(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Vita Monica(3),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Program promosi Midnight Sale merupakan bentuk program promosi terbesar dalam CWS dan diadakan setiap tahunnya yang dimana kemudian Midnight Sale berubah menjadi Weekend Sale akibat peristiwa bom pada bulan Mei 2018. Program promosi sudah diadakan sejak tahun 2015 dan hingga sekarang belum pernah dilakukan sebuah evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi strategi program promosi “Weekend Sale 2018” oleh Ciputra World Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus, dan teknik wawancara. Adapun penelitian evaluasi ini, objektif dan keberhasilan suatu program diukur melalui animo penukaran voucher ,meningkatnya traffic pengunjung, dan tenant mencapai target. Namun, pada faktanya divisi promosi tidak menetapkan target angka traffic yang hendak dicapai, animo voucher tidak mencapai objektif, dan target tenant beberapa belum tercapai. Tahap evaluasi tidak pernah dilakukan hanya rapat bulanan divisi promosi. Hal ini mengakibatkan adanya perbedaan pendapat antara Promotion Coordinator dan Chief promotion mengenai hasil dari program Weekend Sale 2018. Sehingga hingga saat ini tidak mengetahui hasil program promosi dengan jelas apakah hasil dari Weekend Sale sudah mencapai objektif atau belum karena tidak pernah dilakukannya adanya evaluasi.


Keywords


Weekend Sale, Strategi Promosi, Evaluasi Strategi Program Promosi, Marketing Public Relations, Ciputra World Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Ali, Fithrah, Salmiyah.D. (2017). Marketing Public Relations-Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Arikunto, Suharsimi dan Safrudin, Cepi, 2009, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan , Jakarta: Bumi Aksar

Blythe, Jim. (2003). Essentials of Marketing Communications Second Edition. England: Pearson Education Ltd.

Effendy, Onong Uchjana. (2002). Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations. Jakarta : Erlangga.

Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran – Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Shimp, A, Terence. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI