Pengaruh Terpaan Media Pada Official Page Facebook Najwa Shihab Terkait Pemilihan Presiden 2019 Terhadap Pengambilan Keputusan Pemilih Dalam Menentukan Presiden Pada Pemilihan Presiden 2019

Josephine Josephine, Gatut Priyowidodo, Lady Joanne Tjahyana

Abstract


Media sosial merupakan salah satu unsur komunikasi politik yang tergolong pada media. Konten yang tercakup pada media sosial juga beragam, salah satunya mengenai Pemilihan Presiden 2019. Najwa Shihab pada official page Facebook nya juga turut berpartisipasi secara aktif dalam mengunggah potongan-potongan video terkait Pemilihan Presiden 2019. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori terpaan media dan pengambilan keputusan. Terpaan media yang diterima oleh pengguna dapat diukur melalui frekuensi, durasi, dan atensi, sedangkan pengambilan keputusan dapat diketahui melalui kognisi, motif, dan sikap. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terpaan media pada official page Facebook Najwa Shihab terkait Pemilihan Presiden 2019 terhadap pengambilan keputusan Pemilih pada Pemilihan Presiden 2019.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode online survei dengan membagikan kuesioner secara online menggunakan google docs kepada followers official page Facebook Najwa Shihab menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial, dengan menggunakan regresi linier sederhana.

Melalui penelitian ini diketahui, pengaruh terpaan media pada official page Facebook Najwa Shihab terkait konten Pemilihan Presiden 2019 diperoleh bahwa nilai koefisien regresi adalah Y = 52,075 + 1,597X dengan tingkat signifikansi kurnag dari α = 0,05, yang berarti ada pengaruh terpaan media pada official page Facebook Najwa Shihab terkait konten Pemilihan Presiden 2019 terhadap pengambilan keputusan Pemilih dalam menentukan Presiden pada Pemilihan Presiden 201 sebesar 31,7%. H0 ditolak dan H1 diterima.


Keywords


Terpaan Media, Pemilihan Presiden 2019, Pengambilan Keputusan, Facebook

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., & Erdinaya, L. K. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Budiardjo, M. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Politik cet. 28. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bungin, H. M. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenanada Media Group.

Fernanda, F. M. (2018). Analisis Faktor – Faktor Pengambilan Keputusan Pemilihan Kepala Daerah Oleh Generasi Millennial Kabupaten Bogor. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Greidina, N., & Kamalipour, Y. (2016). Communication through the Universe. UK: Cambridge Scholars Publishing.

Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa : Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta: Granit.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT Fajar Interpretama Mandiri.

Luik, J. E. (2012). Media Sosial dan Presentasi Diri. Komunikasi 2.0 : Teorisasi dan Implikasi, 1-16.

McNair, B. (2011). An Introduction to Political Communication. New York: Routledge.

Munawwaroh, P. R. (2018, April). Pengaruh Terpaan Media pada Akun Instagram @exploresiak terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP, 12.

Novianto, I. (2013). Perilaku penggunaan internet di kalangan mahasiswa (studi deskriptif tentang perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri (fisip unair) dengan perguruan tinggi swasta (fisip upn) untuk memenuhi kebutuhan informasinya). Journal Universitas Airlangga Vol. 2 No. 1, 26.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Syidik, S. (2015). Studi Kasus Analisis Pengguna Media Sosial Dalam Akun Twitt @ChelseaFC_Indo. Essence, 33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI