Analisis Framing Pemberitaan Sandiwara Uno di Detik.com dan Tempo.co

Diana Prasetya(1*), Ido Prijana Hadi(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembingkaian media dalam pemberitaan yang disajikan oleh media daring Detik.com dan Tempo.co, tentang “Sandiwara Uno”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke dua media daring tersebut memiliki cara pandang (angle) yang berbeda. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis ialah Framing model Pan&Kosicki.

Pada penelitian ini, yang menjadi bingkai utama dalam peristiwa “Sandiwara Uno” pada Detik.com dan Tempo.co berkaitan dengan pemilihan narasumber sebagai kutipan dalam pemberitaan. Melalui temuan tersebut, hasil pembingkaian yang ditimbulkan dari Detik.com atas peristiwa tersebut ialah adanya kampanye sandiwara yang dilakukan oleh Sandiaga Uno. Sedangkan Tempo.co membingkai Sandiaga Uno tidak melakukan rekayasa dalam kampanye


Keywords


pembingkaian, media, berita, “Sandiwara Uno”

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. (2012). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKis Yogyakarta.

Gabrillin, A. (2018, September 23). Resmi, Masa Kampanye Pemilu di Mulai hari ini Hingga 13 April 2019. Dipetik Maret 17, 2019, dari Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2018/09/23/08553491/resmi-masa-kampanye-pemilu-dimulai-hari-ini-hingga-13-april-2019

Ishwara, L. (2005). Catatan-Catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

SETIAWAN, S. R. (2018, Februari 19). Tahun 2017, Pengguna Internet di Indonesia Mencapai 143,26 Juta Orang. Dipetik Maret 22, 2019, dari Kompas.com: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/161115126/tahun-2017-pengguna-internet-di-indonesia-mencapai-14326-juta-orang

Shoemaker, P. J. (1996). Mediating the Messages : Theories of Influences on Mass Media. USA: Longman Publisher.

Suhandang, K. (2004). Pengantar Jurnalistik: seputar Organisasi, Produk, dan Kode etik. Bandung: Penerbit Nuansa.

Syaefullah, H. M. (2014). Media Online: Antara Pembaca, Laba, dan. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen Indonesia.

Subiakto, dkk. (2012). Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP

Wiwoho, L. H. (2018, Agustus 13). Mengapa Jokowi Pilih Ma'aruf dan Prabowo Pilih Sandiaga? Dipetik Maret 20, 2019, dari Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2018/08/13/20113061/mengapa-jokowi-pilih-maruf-dan-prabowo-pilih-sandiaga?page=all

Perbedaan Pemilu 2014 dan 2019. (2018, November 19). Diambil kembali dari Kumparan.com: https://kumparan.com/@kumparannews/7-perbedaan-pemilu-2014-dan-2019-1542626775313123571


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI