Studi Komparatif: Analisis Isi Pesan Pada Posting Instagram E-commerce di Indonesia

Maria Desya Tanisang(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran umum dan perbandingan isi pesan pada posting Instagram e-commerce di Indonesia. Instagram adalah salah satu media sosial yang digunakan oleh perusahaan e-commerce untuk sebagai media komunikasi pemasaran. Instagram diketahui menjadi salah satu rujukan bagi konsumen untuk mencari informasi. Penggambaran isi pesan dilihat melalui metode analisis isi pada posting media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce di Indonesia memiliki kecenderungan melakukan frekuensi posting terbanyak pada hari Jumat dan Sabtu. Tema pesan yang paling banyak ditemukan adalah Seasonal/Event Related dan Glitz and Glam, sementara tema pesan David vs Goliath dan Counterintuittive/ Contrarian tidak terlihat pada posting Instagram. Pesan disajikan melalui media image, caption, dan hashtag. Diiketahui pula bahwa angka likes tertinggi muncul pada posting yang mengandung tema pesan Seasonal/Event Related, Glitz and Glam, dan Avalanche about to roll. Sementara electronic word of mouth yang paling banyak muncul pada komentar adalah positive self enhancement di posting berisi tema pesan Seasonal/Event Related.


Keywords


Marketing Public Relations, E-commerce, Pesan, Instagram

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Frommer, D. (2010, November 1). Here's How To Use Instagram. Business Insider. Retrieved from: https://www.businessinsider.com/instagram-2010-11/?IR=T

Jelajah Digital. (2018, October 8). Data dan Fakta Instagram dalam Statistik. JelajahDigital. Retrieved from: https://jelajahdigital.com/data-dan-fakta-instagram-dalam-statistik/

Kelly, L. (2007). Beyond Buzz: The Next Generation of Word-of-Mouth Marketing. New York: AMACOM.

Nathasya. (2018, December 3). Apa itu Marketplace? dewaweb. Retrieved from: https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-marketplace/

Online Business Buddy. (2013). Instagram. Haven Publishing Group.

Scott, E. J. (2016). Social Media Marketing. Eric J Scott via PublishDrive.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tashandra, N. (2018, March 22). 80 Persen Konsumen Belanja Online Orang Muda dan Wanita. Kompas.com. Retrieved from: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/155001820/80-persen-konsumen-belanja-online-orang-muda-dan-wanita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI