Studi Komparatif Proses Komunikasi Pemasaran Pakuwon Mall dan Ciputra World di Instagram

Vincentia Claudia Larasati(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai tahapan proses komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Pakuwon Mall dan Ciputra World melalui instagramnya, dimana instagram sekarang menjadi social media yang banyak digunakan untuk memberikan informasi. Instagram juga banyak digunakan untuk social media marketing yang dalam hal ini digunakan oleh Pakuwon Mall dan Ciputra World sebagai cara untuk mempromosikan tenant serta event- event.

Penggambaran proses komunikasi pemasaran dilakukan dengan meneliti elemen-elemen yaitu pengirim, penyandian, pesan, media, pengartian, penerima, respon, umpan balik serta gangguan melalui analisis isi. Dimana elemen penyandian, pengartian, dan gangguan tidak diteliti lebih jauh dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada 922 post pada Instagram Pakuwon Mall dan Ciputra World selama bulan Januari-Maret 2019. Pada penelitian ini ditemukan bahwa kedua mall telah melakukan posting secara rutin, dengan tema pesan yang paling banyak muncul adalah Seasonal/event related, Glitz and Glam, dan Avalanche About to Roll. Media yang banyak digunakan dalam posting adalah foto, yang dilengkapi dengan caption serta hashtag. Sedangkan untuk respon, yang paling banyak muncul adalah respon positif berupa comment.


Keywords


Studi Komparatif, Proses Komunikasi Pemasaran, Ciputra World, Pakuwon Mall, Instagram

Full Text:

PDF

References


Blythe, J. (2003). Essentials of marketing public relations. England: Pearson Education Ltd.

Buddy, O. B. (2014). Instagram : Explode your business today! Haven Publishing Group.

Ciputra World . (2019, February 14). About . Retrieved from Website: http://www.ciputraworldsurabaya.com/

Eriyanto. (2011). Analisis isi : Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jones, B. (2009, September 12). Design & promote blog. Retrieved April 13, 2019, from Social media benefits for retail stores and malls: https://www.designandpromote.com/social-media-benefits-for-retail-stores-and-malls/

Kalangan masyarakat tertentu masih suka belanja di toko. (2019, January 27). Sindonews. Retrieved February 20, 2019, from https://ekbis.sindonews.com/read/1373853/34/kalangan-masyarakat-tertentu-masih-suka-belanja-di-toko-1548539355

Kelly, L. (2007). Beyond buzz : The next generation of word-of-mouth marketing. New York: American Management Association.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management. US: Pearson International Edition.

Miles, J. G. (2014). Instagram power. United States of America: Mc Graw Hill Education.

Pakuwon Mall Surabaya . (2007). About us. Retrieved April 17, 2018, from http://pakuwonmall.com/aboutus

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rumanti, S. M. (2005). Dasar-dasar public relations teori dan praktik. In S. M. Rumanti, Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik (p. 11). Jakarta: PT Grasindo.

Sektor Riil (2019, January 9). Anggraeni, R.. Retrieved February 20, 2019, from Sindonews.com: https://ekbis.sindonews.com/read/1369094/34/bisnis-ritel-menggeliat-pembangunan-mal-bakal-marak-1547027133

Sless, D. (1981). Learning and visual communication. Kent, United Kingdom: Croom Helm.

Smith, K. (2005). Handbook of visual communication. New Jersey: L. Erlbaum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI