Efektivitas Pesan Kampanye Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak dalam Event Birthday Bounce Back di Wahana Visi Indonesia Urban Surabaya

Trivena Natalia, Titi Nur Vidyarini, Astri Yogatama

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Efektivitas Pesan Kampanye Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak dalam Event Birthday Bounce Back di Wahana Visi Indonesia Urban Surabaya. Kampanye ini merupakan kampanye yang digerakkan karena tingginya angka kekerasan di Indonesia khususnya di Surabaya. Tujuan kampanye ini adalah menghimbau elemen masyarakat khususnya orang tua untuk menghapuskan kekerasan kepada anak. Teori yang digunakan adalah teori efek pesan yakni efek kognitif dan efek afektif yang dikaitkan dengan lima dimensi pesan yaitu format, nuansa, konteks, waktu dan pengulangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner dan observasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik purposive sampling Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pesan Kampanye Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak dalam event Birthday Bounce Back dikategorikan efektif.


Keywords


Kampanye PR, Organisasi Nirlaba, Wahana Visi Indonesia

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi 2. Jakarta: PT Raja Grafindo PersadaEffendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Gregory, Anne (2004). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: Erlangga

Harun, Rochajat dan Ardianto, Elvinaro. (2012). Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial Perspektif Dominan Kaji Ulang dan Teori Kritis. Jakarta: Rajawali Pers.

Karlinah, Siti, Soemirat dan Komala. 1999. Komunikasi Massa. Jakarta: Universitas Terbuka Rachmadi, F. (1992). Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Robbit, Randy dan Ruth Sullivan. (2005). Developing the Public Relations Campaign. USA: Pearson Education, Inc.

Ruslan, Rosady. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Statistik, Badan Pusat dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan. (2007). Fenomena Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. Jakarta: bps.go.id

Venus, Antar. (2009). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI