Sikap Suami di Surabaya pada Pesan Iklan Televisi Kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”
(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Kecap ABC memperkenalkan program “Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Perasan Pertama” yang mengajak suami-suami Indonesia untuk setara dengan istri. Kampanye ini diawali dengan iklan TV yang bercerita tentang anak kecil yang mengingatkan ayahnya akan semua pekerjaan yang dilakukan ibu dari membersihkan rumah, menjaga anak hingga memasak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap suami di Surabaya pada pesan iklan televisi kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”. Sikap terdiri dari tiga komponen yaitu komponen kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini memilih responden suami bekerja yang memiliki istri bekerja, pernah menonton iklan televisi ini sebanyak 2-3x, dan tinggal di Surabaya. Peneliti menggunakan metode survei dalam mengumpulkan data dan menyebarkan 100 kuesioner.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa sikap suami di Surabaya pada pesan iklan televisi kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak” untuk komponen kognitif dan afektif berada pada kategori positif. Sedangkan untuk komponen konatif berada pada kategori netral. Namun setelah dirata- rata, suami di Surabaya memunculkan sikap positif secara keseluruhan pada pesan iklan televisi kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya(2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Desmita. (2006). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Durianto, D., S., Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). INVASI PASAR DENGAN IKLAN YANG EFEKTIF : Strategi, Program, Dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hafiz, M. P. (2018, December 27). Kecap ABC Kampanyekan Kesetaraan Gender di Dapur. Retrieved from https://marketeers.com/kecap-abc-kampanyekan-kesetaraan-gender-di-dapur/
Holmes, J. (2006). An introduction to sociolinguistics.
Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan(5th ed.) (R. M. Sijabat, Ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kasali, R. (1999). Manajemen public relations: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Indonesia: Grafiti.
Komunikasi Pemasaran - Pengertian - Strategi - Bauran. (2017, July 14). Retrieved April 16, 2018, from https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-pemasaran
Kotler, P. (2003). Marketing management(11th ed.). Upper Saddle River: Prentice Hall.
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis: Riset komunikasi. Jakarta: Kencana.
Kurniasih, A. (2018, October 15). Dukung Kesetaraan Gender, Kecap ABC Ajak Para Suami Memasak Lewat Hal Ini. Retrieved from http://jakarta.tribunnews.com/2018/10/15/dukung- kesetaraan-gender-kecap-abc-ajak-para-suami-memasak-lewat-hal-ini
Lee, M. & Carla J. (2007). Prinsip-prinsip Periklanan dalam Perspektif Global Cetakan Kedua. Jakarta: Pernada Media.Malhotra, N. K. (2007). Marketing Research: An Applied Orientation (5th Ed.) New Jersey: PrenticeHall.
Marina. (2018, November/December). Suami Sejati Mau Masak Heinz ABC. MIX, 11(XV), 46.
Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. (2008). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES
Mendukung Kesetaraan Gender, Dimulai dari Dapur. (2019, February 21). Retrieved from https://lakilakibaru.or.id/mendukung-kesetaraan-gender-dimulai-dari-dapur/
Morissan. (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu(1st ed.). Jakarta: Prenamedia Group.
Mufidah, N. L. (2012). Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan (Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt oleh Keluarga). BioKultur, 1, 2nd ser., 157-178.
Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ramadhan, B. (2017, June 20). Sampaikan Dengan Cara yang Baik. Retrieved from https://medium.com/tulis-aja/sampaikan-dengan-cara-yang-baik-bcf796e85bce
Ruslan, R. (2008). Kiat dan strategi kampanye public relations. Jakarta: Rajawali Pers.
Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Setiaji, B. (2004). Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif. Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu(5th ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama
Sin, A. (2014, December 16). Jenis-Jenis Lambang Dalam Proses Komunikasi. Retrieved from https://www.anugerahdino.com/2014/12/jenis-jenis-lambang-dalam-proses.html
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarna, C. (2017, August 27). Memahami Simbol|Filsafat Ilmu Part – 12. Retrieved from https://www.lyceum.id/memahami-simbolfilsafat-ilmu-part-12/
Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Wells, William, Sandra & John B. (2003). Advertising Principles and Practice 5th Ed. New Jersey: Prentice Hall.
Wijaya, P. (2015). Pengaruh pesan iklan, keterlibatan iklan, kredibilitas, dan kecocokan endorser pada minat beli melalui sikap konsumen. Jurnal Siasat Bisnis,19(1), 36-55.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI