PERANCANGAN FILM DOKUMENTER KAMPUNG KUNGFU DI SURABAYA JAWA TIMUR

RICHARDO SOEGIHARTO(1*), ERANDARU SRISANTO(2), HEN DIAN YUDANI(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Surabaya kota dengan semesta kampungnya memiliki keanekaragaman budaya yang melekat pada warga masyarakatnya. Sebuah kampung yang berada di kota besar Surabaya bernama kampung kapasan dalam memiliki sejarah yang sangat menarik untuk diangkat. Kampung yang dulu terkenal dengan sebutan kampung kungfu sekarang sudah hilang atau terlupakan. Dan sejarah yang ada di kampung kapasan dalam ini tentang kampung kungfu hanya tersisa kenangan, ingatan, dan orangnya saja. Karena itu sangat susah untuk mencari bukti fisik sejarah dari kampung kungfu ini. Sehingga film dokumenter ini sangat membantu untuk dapat melacak jejak kampung kungfu yang menjadikan kampung ini kampung budaya.
Kata Kunci:
Film Dokumenter, Kampung, Sejarah dan Budaya

 

Surabaya city with its village universe has cultural diversity that is inherent in its citizens. A village in the big city of Surabaya called the kapasan village has a very interesting history to be appointed. The village that used to be known as the kungfu village is now lost or forgotten. And the history in this kapasan village about the kungfu village only has memories, memories, and people. Because it is very difficult to find physical evidence of history from this martial arts village. So this documentary is very helpful to be able to trace the footprints of the martial arts village which makes this village a cultural village.
Keywords:
Documentary Films, Village, History and Culture


Keywords


Film Dokumenter, Kampung, Sejarah dan Budaya

Full Text:

PDF

References


Lestari, D. (2018, Desember 28). Napak Tilas Kampung Kungfu Surabaya, Wisata Sejarah dan Budaya Kota Pahlawan yang Sudah Mulai Hilang oleh Zaman . Travelingyuk. Retrieved Agustus 11, 2019, from https://travelingyuk.com/pantai-lasiana-kupang/254545

Nichols, B. (1991). Film Dokumenter: Pengertian & Karakteristik. komunikasipraktis. Retrieved Agustus 30, 2019, from https://www.komunikasipraktis.com/2019/04/film-dokumenter-pengertian-karakteristik.html Widodo, D. (2013). Oei Tai Pan, Tokoh Pemberontakan Tionghwa di Soerabaja. Surabaya: Dukut Publishing.

Muslimin, N. (2018). Teori Film Dokumenter. Yogyakarta : Abadi Selaras Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.