PERANCANGAN KOMIK DIGITAL TENTANG GAMING DISORDER

Nataniel Vincen Wijaya, Heru Dwi Waluyanto, Anang Tri Wahyudi

Abstract


Perancangan ini bertema tentang kehidupan sehari-hari sosok remaja yang suka bermain game online di gawai yang menyebabkan ia menjadi pribadi yang anti sosial dan kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Dengan upaya komunikasi visual melalui komik yang dianggap sesuai untuk kalangan anak remaja. Perancangan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran remaja untuk dapat memilah waktu dengan baik serta menjelaskan efek negatif dari penggunaan gawai yang berlebihan. Selain itu, komik digital ini juga menjadi cerminan remaja masa kini dalam hal penggunaan gawai.

 

The theme of this digital comic design is about daily life of a teenager who likes to play online game in his mobile phone, thus made him into an anti social person and less interacive with his environment. This comic is a form of visual communication that is suitable to teenagers. This design is aimed to increase awareness on time management and explains about negative effects of overuse mobile phone. Furthermore, this design also illustrating today's situation on teenagers' habis on mobile phone usage.


Keywords


Komik Digital, Komunikasi Visual, Gaming Disorder

Full Text:

PDF

References


Adica, W. (2016). Akibat Menjadi Antisosial Retrieved from

https://www.kompasiana.com/adica.wirawan /5792c6b041afbdec093e3f64/akibat- menjadi-antisosial?page=all

Aisha, S. (2019). Komik Webtoon Eggnoid Difilmkan, Ini Daftar Pemainnya

Retrieved from https://seleb.tempo.co/read/1224697/komik- webtoon-eggnoid-difilmkan-ini-daftar- pemainnya/full&view=ok

Amanda, M. (2018). Internet Gaming Disorder Retrieved from Binus University

Research Website http://parent.binus.ac.id/2018/04/internet- gaming-disorder/

Anung, S, M.Kes, (2018). Kemenkes Kecanduan Game Adalah Gangguan Perilaku

Retrieved from http://www.depkes.go.id/article/view/180625 00003/ministry-of-health-game-addiction-is- behavior-disorder.html

Bayu, A. P. (2018). Geliat Komik Indonesia di Dunia Digital. Retrieved from

http://www.harnas.co/2018/04/25/geliat- komik-indonesia-di-dunia-digital

Bonneff, M. (1998). Komik Indonesia. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Ilham, P. (2019). Pengertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik dan Jenis Jenis Komik Retrieved from https://www.ayoksinau.com/pengertian- komik-menurut-para-ahli-ciri-ciri-komik- dan-jenis-jenis-komik-ayoksinau-com/

Ita, I. (2019). Adiksi Online di Indonesia:

Sampai Bawa Pispot ke Kamar karena Kecanduan Game Retrieved from https://news.detik.com/abc-australia/d- 4586036/adiksi-online-di-indonesia-sampai- bawa-pispot-ke-kamar-karena-kecanduan- game


Refbacks

  • There are currently no refbacks.