Perancangan Wisata Perahu Kalimas Sebagai Apresiasi Pada Pembelajaran Sejarah Kota Surabaya

Esther Yulyana

Abstract


Perancangan ini merupakan perancangan Wisata Perahu Kalimas yang lokasinya berada di kota Surabaya. Surabaya sebagai Kota Pahlawan memiliki banyak warisan budaya dan tempat bersejarah. Sungai Kalimas yang mengalir di tengah kota Surabaya memiliki sejarah yang sangat kental di kota Pahlawan. Latar belakang perancangan didasarkan pada realita yang ada bahwa apresiasi masyarakat yang masih rendah terhadap bangunan bersejarah. Oleh sebab itu perancangan ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai nilai-nilai sejarah dan mencegah terjadinya perusakan dan penghancuran bangunan-bangunan tua bersejarah di masa yang akan datang. Di sisi lain, masyarakat juga dapat ikut serta dalam memelihara dan menjaga kebersihan sungai Kalimas di Surabaya.


Keywords


Perancangan Wisata, Wisata Kalimas, Apresiasi Sejarah, Kota Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Aminudin. (2009). Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Commerce. Indonesia. (2019). Jembatan Merah Surabaya.Retrieved from: https://www.eastjava.com/tourism/surabaya/in a/red-bridge.html.

Decade, Roma. (2019). Biografi Jendral Sudirman. Retrieved from: http://www.romadecade.org/biografi- jendral-sudirman/#!.

Ermawati, Fera. (2004). Perancangan komik untuk menanamkan kesadaran nilai sejarah pada bangunan cagar budaya di Surabaya sebagai kota pahlawan. Retrieved from: https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/previe w?id=1787993.

Gisela, Ignatia. (2015). Perancangan Destination Branding Wisata Alam Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Retrieved from: https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/previe w?id=2069214.

Gunn. (1979). Tourism Planning. New York: Crane Russak & Company, Inc.

Handinoto. (2007). Surabaya banyak kehilangan bangunan bersejarah. Retrieved from:https://www.merdeka.com/khas/sura baya-banyak-kehilangan bangunan- bersejarah-jj4a3we.html.

Ipank. (2013). Sungai Kalimas, menapaki peradaban kota Surabaya. Retrieved from: http://surabaya.panduanwisata.id/wisata- sejarah-dan-budaya/sungai- kalimas-menapaki-peradaban-kota- surabaya/.

Jarhie. (2017). Cara ampuh menggunakan aplikasi line untuk bisnis. Retrieved from: https://jarhie.com/cara-ampuh- menggunakan-aplikasi-line/.

Kartini, Fatimah. (2016). Di Indonesia jumlah pengguna line pepet facebook. Retrieved from:https://tekno.kompas.com/read/2016/ 09/03/09490637/di.in donesia.ju mlah.pengguna.line.pepet.facebook.

Kasali, Rhenald. (2005). Membidik pasar Indonesia: segmentasi, targeting, dan positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat. (1983). Metode-metode penelitian masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kothler, Philip. (1996). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marwanto, Eko. (2014). Aktivitas marketing above the line dan below the line.

Retrievedfrom: http://www/ekomarwanto.com/2013/05/ak tivitas- marketing-above-line-dan.html.

Morissan, M. A. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Retrieved from:https://books.google.co.id/books?id= U9xDDwAAQBAJ&pg=PA179 &lpg=PA179&dq=pengertian+media+imc &source=bl&ots=Y M7ch6zu8&sig=ACfU3U1nXjcURQ5AK 8cCW0PtC6mhyCiNA&hl=jv& sa=X&ved=2ahUKEwil2pmn_4HhAhXX 6XMBHbZ8DtQ4KBDoATAJe gQIABAB#v=onepage&q=pengertian%20 media%2 0imc&f=false.

Pitana, Gede dan Gayatri, Putu G. (2005). Sosiologi pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Pujiryanto. (2005). Desain grafis computer. Yogyakarta: Andi.

Purwono, Nanang. (2006). Mana Soerabaia Koe: Mengais butiran mutiara masa lalu. Surabaya: Pustaka Eureka.

Purwono, Nanang. (2019). Membedah sejarah surabaya dari atas Kalimas. Retrieved from: http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=775 45&&top=1&&ktg=Jati& &keyrbk=Opini&&keyjdl=revitalisasi.

Rogers & Storey. (1987). Communication campaign. Handbook of communication science. New Burry Park: Sage.

Rukmananda. Naratama. (2017). Kota Surabaya raih penghargaan 'Global Green Cities' PBB. Retrieved from: https://www.voaindonesia.com/a/kota- surabaya-raih- penghargaan-global- green-city-pbb/4095316.html.

Spillane, James. (1987). Ekonomi pariwisata, sejarah dan prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Suyanto, M. (2005). Strategi perancangan iklan televisi perusahaan top dunia. Yogyakarta: Andi.

Swastha & Irawan. (2005). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Liberty.

Unknown. (2017). Pengertian merchandise, fungsi, jenis, dan contohnya. Retrieved from: https://www.seputarpengetahuan.co.id/201 7/06/pengertian-merchandise- fungsi-jenis- contoh-lengkap.html.

Unknown. (2019). Jejak sejarah jembatan Peneleh Surabaya yang terlupa. Retrieved from: https://surabayastory.com/2019/04/23/jeja k-sejarah-jembatan-peneleh- surabaya-yang- terlupa/.

Utomo, Nur Rizki. (2017). Lihat aksi perahu wisata tenaga surya di sungai Kalimas Surabaya.Retrievedfrom: .

Widodo, Imam, Dukut. (2014). Hikajat Soerabaia tempo doeloe. Surabaya: Dukut Publishing.

Yoeti, Oka. (1996). Pengantar ilmu pariwisata. Bandung: Penerbit Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.