Perancangan Ulang Kemasan Abon Sapi Bu Sarti

Sigit Tanrifaisal, Listia Natadjaja, Rika Febriani

Abstract


Abon sapi Bu Sarti merupakan sebuah bisnis yang berfokus pada pembuatan sendiri abon sapi berkualitas tinggi sejak tahun 1995. Namun, penulis menemukan beberapa kekurangan pada kemasan awal dari produk ini: tidak praktis, tidak bisa melindungi abon sapi di dalam kemasan secara optimal, hanya sedikit elemen desain yang digunakan, serta kurang menarik. Oleh karena itu, perancangan ulang ini dilakukan dengan tujuan untuk menangani kekurangan-kekurangan tersebut dengan menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder, serta metode analisis data SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Tujuan dari melakukan perancangan ulang tidak hanya untuk menunjukan kemenarikan dari kemasan untuk menarik minat pembeli, tetapi juga untuk lebih menonjolkan elemen-elemen desain pada kemasan itu sendiri. Dengan adanya perancangan ulang ini, juga diharapkan supaya merk Abon Sapi Bu Sarti dapat lebih dikenal oleh masyarakat dari berbagai generasi terutama generasi muda. Maka konsep perancangan ulang dibuat dengan gaya desain modern, praktis dan inovatif. Hal ini karena pada jaman sekarang, abon sapi masih dikenal mayoritas masyarakat sebagai makanan jaman dahulu.

Keywords


Desain Kemasan., Perancangan Ulang., Abon Sapi Bu Sarti

Full Text:

PDF

References


Anggraini Lia. dan Nathalia Kirana. (2016). Desain Komunikasi Visual : Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula (Catatan ke 4). Bandung: Nuansa Cendekia.

Anggraini Lia. dan Nathalia Kirana. (2014). Desain Komunikasi Visual. Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.

Anggoro, M. Linggar (2001). Teori & Profesi Public Relation serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta

Dameria, A. (2014). Packaging Handbook. Jakarta: Link Match Graphic

Danger, Erik P . (1992). Selecting colour for packaging. England: Gower Technical Press Ltd.

Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Julianti, S. (2017). A Practical Guide To Flexible Packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Sandra A. Krasovec. (2006). Desain Kemasan. Terjemahan oleh Bob Sabran. 2008. Jakarta: Erlangga.

Klimchuk, Marienne Rosner dan Sandra A. Krasovec. (2007). Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Jakarta : Erlangga.

Cenadi, Christine Suharto. 2000. “Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran”. (Online), (http://dgi-indonesia.com/wp-content/uploads/2009/03/dkv00020203.pdf, diakses 15 September 2014)

Riadi, M. (2016, Oktober 29). Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis Kemasan. Retrieved from www.kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html

Widya Utami, N. (2017, November 8). Kemasan Mempengaruhi Keberhasilan Sebuah Produk. Retrieved from www.jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/2017-kemasan-memengaruhi-keberhasilan-sebuah-produk/

DiSurabaya. (n.d.). Abon Sapi Bu Sarti - Pionir Kampung Padmosusatro. Retrieved from www.disurabaya.id: https://disurabaya.id/2017/12/15/artikel-abon-sapi-bu-sarti/

Zaimul, H. A. (2017, Maret 14). Kampung Abon Padmosusastro Surabaya, Resep Rahasia Jaga Kualitas. Retrieved from surabaya.tribunnews.com: http://surabaya.tribunnews.com/2017/03/14/kampung-abon-padmosusastro-surabaya-resep-rahasia-jaga-kualitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.