Perancangan Kemasan dan Media Pendukung Angan Cake

Gunardi Wijaya(1*), Petrus Gogor Bangsa(2), Mendy Hosana Malkisedek(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Angan cake adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner khususnya cake dan kue kering, usaha ini sudah berdiri di Tarakan sejak 1993. Kelemahan yang dimiliki produk ini terletak pada kemasan yang kurang kokoh dan desain kemasan yang dinilai kurang memiliki identitas. Melalui identitas pada kemasan, produk dapat menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu penting untuk melakukan perancangan kemasan Angan Cake berdasarkan pada riset pasar dan analisa lainnya. Setelah semua data terkumpul maka dibuatlah desain kemasan Angan Cake yang kokoh dan juga identitas produk sebagai oleh-oleh kue kering khas Tarakan.

 


Keywords


Kemasan, Angan Cake, Positioning, Kue kering

Full Text:

Untitled

References


Potensi bisnis kue kering menjadi bisnis yang berkelanjutan. (2017). http://www.pastrynbakery.com/artikel/biznews/942-be-creative/933-potensi-bisnis-kue-kering-menjadi-bisnis-yang-berkelanjutan-bukan-usaha-musiman, di akses pada 29 Oktober 2018

Gunawan, Meta. Teknik analisa data. http://metagunawan.blogspot.com/2015/09/teknik-analisis-data.html, di akses pada 11 Desember 2018

Hermawan, Fifin. (2016). Belajar mengenal packaging. https://fifinhermawan.wordpress.com/2016/04/22/packaging/, di akses pada 15 November 2018

Julianti,Sri.( 2014). The art of packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kamusq. Kue adalah pengertian dan definisi. https://www.kamusq.com/2013/11/kue-adalah-pengertian-dan-definisi.html, di akses pada 11 Desember 2018

Pengusahasukses. Detail produk peluang bisnis kue kering dan analisa usahanya.

https://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-kue-kering-dan-analisa-usahanya/, di akses pada 29 Oktober 2018

Putra, P, Yudha, Manggala. (2018). Usaha Kuliner di Indonesia Lebih Berkembang.https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/03/01/p4wqrs284-usaha-kuliner-di-indonesia-dinilai-lebih-berkembang, di akses pada 29 Oktober 2018

Riadi, Muchlisin. (2016). Pengertian, Fungsi, Tujuan dan jenis-jenis kemasan. https://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html, di akses pada 15 November 2018

Klimchuck, Marianne R. Desain Kemasan: Perencanaan merek produk yang berhasil mulai dari konsep sampai Penjualan. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2001.

Kotler, Philip. 4P dan packging. Marketing 10.7 (2007):36,2007.

Drew, J. T. & Sarah A. Mayer. Color management for packging. Switzerland: Rotovision SA, 2008.

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjuak: Menang bersaing melalui kemasan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Klimchuk, Rosner & Krasovec. A. Sandra. (2006), Packaging Design Successful Product Branding From Concept to Shelf atau Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan, terjemahan Bob Sabran. (2007), Erlangga, Jakarta.

Rustan, Surianto. (2008), Layout Dasar dan Penerapannya, PT. Gramedia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.