Perancangan Branding Kopi Toraja Rezeki

Ivana Hardiyanti Wijaya, Listia Natadjaja, Rika Febriani

Abstract


Kopi Toraja Rezeki yang terletak di Jalan Emmy Saelan, Toraja berdiri sejak 1983 menawarkan kualitas produk yang premium dan otentik. Namun Kopi Rezeki ini terkendala dalam branding karena kelebihannya belum dapat tersampaikan melalui media yang digunakan sehingga belum dapat menampilkan perbedaan dengan kompetitor. Untuk itu tujuan dari perancangan ini adalah merancang branding yang tepat dan menampilkan kelebihan produk. Metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT. Dari hasil analisa ditemukan konsep branding premium dan tradisional. Perancangan branding ini kemudian diaplikasikan pada tagline, tone and manner serta visual grafis yang tepat dan sesuai dengan target audience. Dibuat pula media-media pendukung untuk meningkatkan brand awereness target audience terhadap Kopi Rezeki ini. Media-media yang digunakan yaitu kemasan, POP display, banner, X-banner, sosial media, merchandise, serta stationary. Dengan branding yang tepat diharapkan produsen dapat lebih memperluas pasar ke Kota Makassar.


Keywords


Kopi Toraja Rezeki, kopi Toraja, branding, media

Full Text:

PDF

References


Aljawiyu, Adams. (2016, 25 Februari). Kopi Toraja, Kopi Nikmat yang Berasal dari Tanah Sulawesi. Diakses 1 Oktober 2018, dari http://lembahilmu.com/kopi-toraja/

Banks, M., McFadden, C. & Atkinson, C. (2011) The Complete Book of Coffee. Leicestershire: Southwater

Cita Rasa Khas Kopi dari Negeri di Atas Pegunungan, Tana Toraja. (2017, 4 Mei). Diakses 1 Oktober 2018, dari https://tanameracoffee.com/ID/cita-rasa-khas-kopi-dari-negeri-di-atas-pegunungan-tana-toraja/

Kopi Arabika dan Kopi Robusta, Apa Bedanya?. (2017, 16 Juni). Diakses 1 Maret 2019, dari https://tanameracoffee.com/ID/kopi-arabika-dan-kopi-robusta-apa-bedanya/

Maulana, Amalia E. (2010, 27 April). Brand, Branding, dan Peranannya Bagi Perusahaan. Diakses 29 Januari 2019, dari http://amaliamaulana.com/blog/brand-branding-dan-peranannya-bagi-perusahaan/

Najiyati, Sri. & Danarti. (2006). Kopi: Budi Daya dan Penanganan Pasca Panen. Jakarta: Penebar Swadaya

Permana, Irvan. (2012). Brand is Like A Donut. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo, Edisi 13. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Pengetahuan Dasar Tentang Branding. (2015, 1 September). Diakses 26 Januari 2019, dari https://www.becakmabur.com/pengetahuan-dasar-tentang-branding/

Pentingnya Branding dalam Pemasaran. (2012, 26 Juli). Diakses 27 Desember 2018, dari https://www.becakmabur.com/pentingnya-branding-dalam-pemasaran/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.