Perancangan Destination Branding Desa Wisata Pujon Kidul Malang Jawa Timur

Kezia Ratih Ayu Lanita(1*), Listia Natadjaja(2), Rika Febriani(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Pujon Kidul adalah suatu desa wisata yang berpotensi untuk mendatangkan wisatawan karena memiliki kecantikan alam, sumber daya dan kegiatan penduduk yang beragam. Destinasi wisata ini menawarkan suasana alam pedesaan, tradisional dan kekeluargaan. Cafe Sawah adalah salah satu destinasi wisata kuliner yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Namun, diantara banyaknya pengunjung, tak semua mengetahui bahwa Desa Pujon Kidul merupakan suatu desa wisata yang memiliki banyak fasilitas wisata lain. Untuk itu, perancangan destination branding bertujuan membangun awareness sekaligus citra Desa Wisata Pujon Kidul sehingga dapat dikenal dan dipahami dengan baik oleh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dan observasi lapangan, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Strategi branding dilakukan dengan pembuatan identitas merek berupa perancangan ulang logo dan penciptaan tagline "Asyiknya Liburan di Desa" yang kemudian didukung dengan kegiatan promosi melalui beberapa media offline dan online seperti billboard, road banner, papan penunjuk arah, brosur, website, website banner, iklan Instagram, sosial media dan merchandise.


Keywords


destination branding, desa wisata, Desa Wisata Pujon Kidul, promosi

Full Text:

PDF

References


Blain, C., Levy, S. E., Ritchie, J. R. B. (2005). Destination branding: insights and practices from destination management organizations. Journal of Travel Research, 40, 329. doi: 10.1177/0047287

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan pariwisata pedesaan berbasis masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok materi statistika 1 statistik deskriptif (2nd ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Keller, K. L. (2003). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity (2nd edition). New Jersey: Upper Saddle River.

Morgan, N., Pritchard, A., Pride, M. (2004). Destination branding: creating the unique destination proposition (2nd edition). Oxford: Elsevier Butterworth-Heinemann.

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Risitano, M. (2006). The role of destination branding in the tourism stakeholders system. The Campi Flegrei case. Retrieved from https://www.researchgate.net/

publication/228701100_The_role_of_destination_branding_in_the_tourism_stakeholders_system_The_Campi_Flegrei_case/citations

Roll, M. (n.d.). Brand glossary. Retrieved from https://www.martinroll.com/wp-content/uploads/Mart

in-Roll-Brand-Glossary.pdf

Situmorang, S. H. (2008). Destination brand: membangun keunggulan bersaing daerah. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315652

_destination_brand_membangun_keunggulan_bersaing_daerah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.