PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MENGENAI KEKERASAN BERBASIS GENDER ONLINE

Andriany Illene, Maria Nala Damajanti, Cindy Muljosumarto

Abstract


Perancangan ini dilakukan untuk membuat strategi meningkatkan awareness terhadap kasus Kekerasan Berbasis Gender Online. Kekerasan berbasis gender online merupakan isu baru yang dikeluarkan oleh Komnas Perempuan terkait dari banyaknya kasus kekerasan online yang dilaporkan. Dari banyaknya kasus yang dilaporkan Kekerasan berbasis gender online ini digolongkan menjadi 8 kategori. Masyarakat sendiri masih belum banyak yang aware terhadap kasus-kasus seperti ini. Dari minimnya kesadaran ini membuat semakin banyak calon yang berpotensi untuk menjadi korban. Oleh sebab itu, kampanye ini dilakukan untuk merancang strategi kampanye sosial untuk meningkatkan awareness agar target audiens lebih mawas diri dan dapat megantisipasi terjadinya KBGO dengan menggunakan media Instagram.


Keywords


Kampanye, Online, Instagram, KBGO (Kekerasan Berbasis Gender Online)

Full Text:

PDF

References


Kasilo, D. (2008). Komunikasi Cinta : Menembus G-spot Konsumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Kotler, P. (2008) Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tirto.Id (2017) Tirto Visual Report GenerasiZ https://tirto.id/tirto-visual-report-masa-depan-di-tangan-generasi-z-ctMM

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Widyatama, R. (2017). Pengantar Periklanan, Yogyakarta

Venny, Adriana (2003) Memahami Kekerasan Terhadap Perempuan. Jakarta : Yayasan Jurnal Perempuan(YJP)

Dais, Suryani. (2018) Pengertian Kekerasan https://www.sridianti.com/pengertian-kekerasan.html#Artikel_terkait

Elma, Adisya.(2019) Kekerasan siber terhadap perempuan. https://magdalene.co/story/Kekerasan-Siber-terhadap-Perempuan-Meningkat

Fakih, M. (1998). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Haryatmoko, 2010. Dominasi Penuh Muslihat: Akar Kekerasan dan Diskriminasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Recuero, Raquel. 2015. Social Media and Symbolic Violence. Social Media and Society Journal Page 1-3:Sage Publication.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.