Perancangan Board Game Untuk Pelajaran Sejarah Anak Sekolah Menengah Pertama

Josephine Edina Phieter, Cok Gde Raka Swendra, Hen Dian Yudani

Abstract


Metode pembelajaran Sejarah yang masih kurang menarik dan membuat siswa bosan sehingga, siswa hanya belajar untuk lulus ujian, bukan untuk mengambil pelajaran dari Sejarah. Perancangan board game  ini ditujukan untuk anak Sekolah Menengah Pertama agar dapat membuat siswa lebih tertarik terhadap pelajaran Sejarah dan dapat mempelajari pelajaran dengan baik dan lebih menyenangkan, dengan Board Game sebagai medianya. Menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan 5W + 1H. Diharapkan dengan adanya Board Game Domeneer, siswa dapat lebih tertarik dalam memahami pelajaran sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan dan dapat dipahami dengan mudah.

 


Keywords


Perancangan; Board Game; Media Pembelajaran; Sejarah; Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Macam metode pembelajaran lengkap. (n.d). Dosen Psikologi. Retrieved November 26,

,from

https://dosenpsikologi.com/macam-macam-metode-pembelajaran.

Sulistyo. (2017, Oktober). Betapa pentingnya mempelajari dan memahami ilmu Sejarah. Kompasiana. Retrieved November 26, 2018 from https://www.kompasiana.com.

Candrageni, kembali menjadi pemimpin Zaman

Mataram. (n.d). Boardgameid. Retrieved

February 25, 2019 from

http://boardgame.id/candrageni-katalog.

Chircop, D. (2015). An experiential comparative tool for board games. CEEGS, 11-25. Retrieved Februari 25, 2019 from http://dx.doi.org/10/18778/2391-8551/03/01

Davis, B. & Summers, M. (2014). Applying

Dale’s Cone of Experience to increase

learning and retention: A study of student

learning in a foundational leadership

course. Qscience, 4-7. Retrieved Februari

, 2019 from

https://www.researchgate.net/publication/

_Applying_Dale's_Cone_of_E

xperience_to_increase_learning_and_rete

ntion_A_study_of_student_learning_in_a

_foundational_leadership_course

Vagansza. (2018, Desember). Segera hadir linimasa card game! kini belajar Sejarah tak lagi membonsankan. Boardgameid. Retrieved Februari 25, 2019 from http://boardgame.id/pre-order-linimasa-belajar-Sejarah.

Kartika, U. (2014, Mei). 10 Alasan anak perlu lepas dari "Gadget". Kompas. Retrieved Februari 25, 2018, from https://lifestyle.kompas.com/read/2014/0 5/12/1640161/10.Alasan.Anak.Perlu.Lep as.dari.Gadget.

Kuntowijoyo. (2001). Pengantar ilmu Sejarah.

Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Zhang. M. (2015). Using login data to monitor

student involvement in a business

simulation game. The International

Journal of Management Education 13,

–162. Retrieved Februari 25, 2019,

from

https://doi.org/10.1016/j.ijme.2015.02.00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.