Perancangan Animasi Virtual Reality ‘Slebor’ Atau Ular Naga Sebagai Upaya Pelestarian Permainan Tradisional Di Indonesia

Celine Jardinia Tanuwidjaja(1*), Deny Tri Ardianto(2), Erandaru Erandaru(3),


(1) DKV UK Petra
(2) DKV UK Petra
(3) DKV UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Permainan tradisional Slebor atau Ular Naga merupakan salah satu aset budaya Indonesia yang telah diwariskan sejak jaman dahulu oleh kakek moyang, namun semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, anak-anak mulai lebih tertarik memainkan permainan yang terdapat pada barang elektronik milik mereka, sehingga hal tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan permain tradisional menghilang atau dilupakan oleh generasi selanjutnyax. Terdapat berbagai cara untuk menyampaikan materi yang menarik tentang permainan tradisional slebor atau ular naga ini kepada anak-anak, salah satunya adalah animasi 2D yang disukai oleh anak-anak dengan disisipi teknologi yang dekat dengan target audiens di masa kini, yaitu Virtual Reality yang diharap dapat menarik perhatian target audiens. Perancangan animasi pendek ini ditujukan sebagai visualisasi permainan tradisional Slebor atau Ular Naga.

Keywords


Animasi;Virtual Reality;Permainan Tradisional;Ular Naga;Pelestarian

Full Text:

PDF

References


Tanuwidjaja, C. P. (2016). Perancangan cerita bergambar tentang folklor minahasa dengan teknologi augmented reality. (TA. No. 00022934/DKV/2016). Unpublished.

Undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Ranciu, J. C. (2013). Perancangan buku ilustrasi permainan tradisional indonesia dan penanaman nilai etika dasar. (TA. No. 00022295/DKV/2013). Unpublished.

Undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Rani M., Chyntya. (2017). Perancangan karya fotografi tentang permainan tradisional indonesia. (TA. No. 00023017/DKV/2017). Unpublished.

Undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Porosbumi.com (2018) Pengertian permainan tradisional yang benar menurut ahli. Retrieved October 11, 2018, from:

https://porosbumi.com/pengertian-permainan-tradisional/

Kartika, E. (2011) 9 Manfaat bermain bagi anak. Retrieved October 11, 2018, from:

https://wolipop.detik.com/read/2011/06/13/131158/1658998/857/9-manfaat-bermain-bagi-anak

Dino, S. (n.d.) 5 Manfaat membaca buku dalam kehidupan. Retrieved October 11, 2018, from:

https://manfaat.co.id/manfaat-membaca-buku

Soesanto, A. (n. d.) Pengertian dan macam permainan tradisional berbagai daerah. Retrieved October 11, 2018, from:

https://antoksoesanto.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-macam-permainan-tradisional.html

Freitas, D. (2018) How do young people really feel about technology?. Retrieved October 13, 2018, from:

https://greatergood.berkeley.edu/article/item/how_do_young_people_really_feel_about_technology

Katadata.co.id (2018) Usia produktif mendominasi pengguna internet. Retrieved October 11, 2018, from:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet

Abidin (2016) Pengertian virtual reality dan perbedaannya dengan augmented Reality. Retrieved October 11, 2018, from:

https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/

Artharini. (2015) Melestarikan permainan tradisional. Retrieved October 11, 2015, from:

https://www.wego.co.id/berita/melestarikan-permainan-tradisional-di-indonesia/

Kamu Besar Bahasa Indonesia. (2019) Slebor. Retrieved February 7, 2019, from:

https://kbbi.web.id/slebor

Wikipedia (2019) Budaya. Retrieved February 7, 2019, from:

https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Husna,M. A. (2009) 100+ Permainan Indonesia untuk kreativitas, ketangkasan, dan keakraban. Yogyakarta

Dharmamulya. (2005) Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta

Danandjaja. (1994) Folklor Indonesia. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.