Perancangan Boardgame Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bertema Perang Kerajaan Kediri Melawan Tentara Mongol

Albertus Ivan Wicaksono(1*), Deny Tri Ardianto(2), Erandaru Erandaru(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Peristiwa perang Kerajaan Kediri melawan tentara Mongol merupakan materi penting dalam pembelajaran sejarah pelajar SMA. Media tradisional sebagai penyampaian materi tidak dapat menarik minat belajar, sehingga mengurangi retensi materi yang dipelajari. Metode belajar sambil bermain menjadi salah satu alternatif yang dapat menjawab masalah minat belajar. Perancangan boardgame sebagai media pembelajaran didukung dengan teknologi augmented reality dapat memperkaya penyampaian materi serta menghadirkan teknologi generasi digital.

Keywords


Media pembelajaran, Interaktif, Boardgame, Augmented reality, Peristiwa perang Kediri melawan tentara Mongol, dan Pelajar.

Full Text:

PDF

References


Arni, U. D. (2018, October 26). Manfaat Media Digital Dalam Pemasaran dan Pembelajaran. Retrieved from Garuda Cyber: https://garudacyber.co.id/artikel/1265-manfaat-media-digital-dalam-pemasaran-dan-pembelajaran

Brian Mayer, C. H. (2010). Libraries Got Game. Washington,D.C: American Library Association.

Christiantho, D. (2016, November 10). Apakah Board Game dan Tabletop Game itu Sama? Retrieved from INIGAME.ID: https://www.inigame.id/apakah-board-game-dan-tabletop-game-itu-sama/

Cindra, A. (2017, June 29). 8 Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Rutin Bermain Board Game. Retrieved from Boardgame.id: https://boardgame.id/8-alasan-kamu-bermain-bagian-1/

Dubari, A. (2018, 11). Ayo Main Board Game Indonesia . (Kumparan, Interviewer)

Edwards, J. R. (n.d.). Saving Families, One Game at a Time.

Efendi, I. (n.d.). Pengertian Augmented reality (AR). Retrieved from IT-Jurnal.com: https://www.it-jurnal.com/pengertian-augmented-realityar/

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima Metro Media.

Kho, B. (2017, June 26). Pengertian Metode 5W1H dalam Manufakturing. Retrieved from Ilmu Manajemen Industri: https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-metode-5w1h-dalam-manufakturing/

Maad, S. (2010). Augmented reality. Vukovar: Intech.

Michael Haller, M. B. (2007). Emerging Technologies of Augmented reality. Hershey: Idea Group Publishing.

Muljana, S. (2012). Menuju Puncak Kemegahan (Sejarah Kerajaan Majapahit). Yogyakarta: LKiS.

Piccione, P. A. (1980). In Search of the Meaning of Senet. Archaeology, 55-58.

Rofalina, F. (2015, May 7). Infografik: Pelajaran Paling Disukai dan Dibenci Siswa Indonesia. Retrieved from Zenius.net: https://www.zenius.net/blog/7657/pelajaran-disukai-dibenci-siswa

Rollins, B. (2018, November 19). What is a Tabletop Game? Retrieved from Brandon the Game Dev: https://brandonthegamedev.com/what-is-a-tabletop-game-this-is-everything-that-goes-into-making-a-board-game/

Selamat Datang di Dunia Board Game. (2017, November 15). Retrieved from TableToys.co.id: https://tabletoys.co.id/2017/11/15/selamat-datang-di-dunia-board-game/

Setyawan, I. A. (2017, August 30). Apa itu Media Pembelajaran? Retrieved from gurudigital.id: https://gurudigital.id/pengertian-contoh-dan-software-pembuat-media-pembelajaran-interaktif/

Strategerist. (2018, April 17). The Types of Board Games Everyone Should Know About. Retrieved from Nonstop Tabletop: https://nonstoptabletop.com/blog/2017/7/30/the-10-types-of-board-games-everyone-should-know-about

Suwarno. (2017, December 31). Media Pembelajaran. Retrieved from Binus University Web site: https://pgsd.binus.ac.id/2017/12/31/media-pembelajaran/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.