Perancangan Buku Fotografi Aktivitas Kreatif Anak-Anak Sekolah Luar Biasa Mutiara Bangsa Kabupaten Kendal

Kenny Kusuma Darmawan, Hartono Karnadi, Luri Renaningtyas, Bambang Mardiono

Abstract


Anak-anak berkebutuhan khusus seringkali dipandang sebelah mata, dianggap sebagai anak-anak yang terbuang dan tidak berdaya tanpa masyarakat mengerti bahwa sebetulnya anak-anak tersebut juga merupakan anak-anak yang memiliki bakat, motivasi, dan potensi di dalam diri mereka. Hanya saja, bakat, motivasi, dan potensi tersebut mungkin belum terlihat dan sempat dikembangkan. Di sisi yang lain, metode pembelajaran untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia seringkali terjebak hanya pada metode pembelajaran yang dilakukan di dalam ruangan saja dengan sistem konvensional padahal tidak semua anak senang dan dapat belajar di dalam ruangan kelas.

Perancangan foto bercerita ini disusun melalui pendekatan deskriptif analisis dengan metode 5W + 1H yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus sebetulnya merupakan anak-anak yang mandiri, mampu berkarya, dan menginspirasi, serta memotivasi masyarakat, sekolah luar biasa dan/atau kelompok penyandang disabilitas yang lainnya untuk juga terus berkarya dan berinovasi. Melalui buku fotografi ini juga, diharapkan generasi muda juga terdorong untuk lebih peduli pada anak-anak berkebutuhan khusus.

 


Keywords


Aktivitas Kreatif, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa, Buku Fotografi, Foto Bercerita.

Full Text:

PDF

References


Badio, S. (2015). Cara mudah menerbitkan buku. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nugroho, E. (2008). Pengenalan teori warna. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nurgiyantoro, B. (2002). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rustan, S. (2008). Layout dasar dan penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyo, A., Herdamon. (1999). Merawat dan memperbaiki kamera. Jakarta: Puspa Swara.

Susanto, A.A. (2017, April). Fotografi adalah Seni: Sanggahan terhadap Analisis Roger Scruton Mengenai Keabsahan Nilai Seni dari Sebuah Foto. Journal of Urban Society's Arts, 4 (1), 49-60.

Wijaya, T. (2018). Literasi visual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.