Perancangan Kampanye Sosial Tentang Keselamatan Penyeberangan Bagi Sekolah Dasar di Sidoarjo

Yolanda Zipora Yohanmar, Cokorda Alit Artawan, Anang Tri Wahyudi

Abstract


Kecelakaan terkait penyeberangan merupakan persoalan yang sering terjadi di sekitar lingkungan sekolah. Pada sekolah dasar, persoalan ini lebih banyak terjadi salah satu penyebabnya adalah kurang nya pengetahuan anak sekolah dasar mengenai tata cara menyeberang. Pembelajaran mengenai lalu lintas baru mereka dapatkan pada tahap pengenalan saja, dan kampanye sosial dari pihak berwajib belum pernah di adakan di sekolah dasar di Sidoarjo. Melalui kampanye, di harapkan pesan mengenai keselamatan penyeberangan dapat tersampaikan dengan baik kepada anak-anak sekolah dasar di sidoarjo. Kampanye di dukung dengan berbagai media yang relevan bagi anak-anak  sehingga melalui kampanye “Pelijan Nyeberang Yukkk” permasalahan terkait penyeberangan pada sekolah dasar di sidoarjo dapat berkurang.

Keywords


Kampanye sosial; Pelijan ; Penyeberangan; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agus S. Madjadikara., (2005). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan, Penerbit PT Grmedia Pustaka, Jakarta.

Budiyartati, Sri. (2016). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magetan : CV. AE Media Grafika.

Benny & Unggul. (2017). Kediri Urutan 3 Terbanyak Pembelian Kendaraan Bermotor, 01.Retrieved From http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=55978&&to p=1&&ktg=Jatim&&keyrbk=Politik&&keyjdl=dis hub

Bharata, Addy Sukma & Dendy Triadi. (2010). Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori dan Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindi.

Dickson. (2015). 10 Kota Terbesar di Indonesia Menurut Jumlah Penduduknya, 01. Retrieved From https://ilmupengetahuanumum.com/10-kotaterbesar-di-indonesia-menurut-jumlahpenduduknya/

Guslinda. Kurnia, Dr. Rita. (2018). Media Pembelajaran anak usia dini. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jawa Pos (2017) Dishub tambah dua pelican crossing, retrieved from https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2017/09/2 7/15955/dishub-tambah-dua-pelican-crossing

Kasali, Rhenald. (2007). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kriyantono, Rachmat (2013). Manajemen periklanan: Teori dan Praktik. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Lilweri, Dr.Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Mutiara, Yeni (2018) Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap retrieved from http://www.uniqpost.com/iklan-layananmasyarakat/

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Sidoarjo Terkini (2017) Tekan angka kecelakaan pelajar dan pejalan kaki di Sidoarjo, Satlantas Polresta Sidoarjo gencarkan SOS, 01. Retrieved from http://sidoarjoterkini.com/2017/04/30/tekanangka-kecelakaan-pelajar-dan-pejalan-kaki-disidoarjo-satlantas-polresta-sidoarjo-gencarkan-sos/

Wakhid. (2014). Kendaraan Surabaya Setiap Bulan Bertambah Ribuan Unit, 01. Retrieved From http://www.suarasurabaya.net/fokus/202/2014/134 030-Kendaraan-di-Surabaya--Setiap-BulanBertambah-Ribuan-Unit

Winarni. 2003. Komunikasi massa: suatu pengantar. Malang : UMM Press.

Yoyok Kristiawan Sukma.2010. Buku Pedoman Skripsi Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat Berbentuk 2D pdf (2010).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.