Perancangan Media Edukasi Interaktif Untuk Anak-Anak SD Kasih Karunia di Oefafi, Kupang

Golda N Waworuntu, Maria Nala Damajanti, Cindy Muljosumarto

Abstract


Dalam proses belajar mengajar, guru dan siswa keduanya memiliki peran yang sangat penting, agar materi bisa tersampaikan dengan benar dan efektif. Siswa senang bermain, bergerak, bekerja dalam kelompok, dan merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung. Adapun seringkali kegiatan di dalam kelas kurang bisa mendukung potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga siswa kurang bisa menyerap materi dengan baik. Hal ini dikarenakan keterbatasan media edukasi yang dapat membantu proses belajar mengajar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media edukasi yang dapat mendukung proses belajar mengajar.

Keywords


Media Pembelajaran, Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), Permainan papan

Full Text:

PDF

References


Budi, K. (2018, Juni 30). Tahun Ajaran Baru,

Sekolah Wajib Terapkan Kurikulum 2013.

Diambil kembali dari Kilas Daerah:

kilasdaerah.kompas.com

David Stillman, J. S. (2018). Generasi Z. Jakarta:

PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, L. S. (2018). Perancangan Board Game

Mengenai Sistem Golongan Darah Sebagai

Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP di

Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna,

Universitas Kristen Petra, 8.

Djoko, W. (2011). Logika. Jakarta: PT Indeks.

Gross, R. (2019, April 3). Canva: Arti Warna dan

Simbolisme Bagaimana Menggunakan

Kekuatan Warna pada Merek Anda.

Diambil kembali dari Canva:

http://www.canva.com

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: PT Grasindo.

Hamid, A. (2014, November 5). gurukatro : Aturan

Dasar Operasi Hitung Campuran.

Diambil kembali dari Aturan Dasar

Operasi Hitung Campuran:

http://www.gurukatro.com

Kompas. (2015, Januari 21). Kompas.com: NTT

Jadi Supermarket Bencana Alam di

Indonesia. Diambil kembali dari

Kompas.com: http://regional.kompas.com

Mousir, K. (2014). Kamus Q. Diambil kembali dari

Kamus Q:

http://www.kamusq.com/2013/06/matemat

ika-adalah-pengertian-dan.html

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran . Jakarta:

Gaung Persada (GP) Press.

Obed, N. (2011, Maret 16). Kompas.com: Mencari

Kesembuhan di Sumber Mata Air. Diambil

kembali dari Kompas.com:

https://regional.kompas.com

Raimukti, S. (2016). Character Modeling Film

Animasi 3D Edukasi Pada Anak-anak

Agar Membuang Sampah Pada

Tempatnya. e-Proceeding of Art and

Design, 577.

Roy Watson, D. (2011). Strategi Pengajaran

Kreatif. Jakarta: Esensi, Penerbit Erlangga.

Samuel, N. S. (2018, September 25). Program

Mission Trip. (G. N, Pewawancara)

Schiro, M. S. (2018). Matematika Sekolah Dasar:

Panduan Pendidik. Jakarta: Indeks.

Tsebrota. (2017, Desember 7). LC Kampung

Inggris Pare: Sebagai Pemula Kamu

Wajib Untuk Menguasai Materi Dasar

Bahasa Inggris Berikut Ini. Diambil

kembali dari LC Kampung Inggris Pare:

https://www.kampunginggrispare.info/mat

eri-dasar-bahasa-inggris-untuk-pemula

Yanti, D. (2018). Rumus Matematika: Pengertian

Matematika dan Sejarah Ilmu Matematika.

Diambil kembali dari Rumus Matematika:

https://www.rumusmatematika.org/2017/0

/pengertian-matematika-dan-sejarahilmu.html

Yudia, M. (2017, November 13). Meningkatkan

Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui

Penggunaan Media flash Card Materi

Pembendaharaan Kosakata Siswa Kelas I

SDN Kandangan 3 Banyuwangi. Diambil

kembali dari UMM Institutional

Repository: http://eprints.umum.ac.id

Ziz, R. (2018, Maret 11). Yuk Belajar Membuat

Board Game: Mengenal Genre Board

Game! Diambil kembali dari Mengenal

Genre Board Game!:

https://boardgame.id/yuk-belajarmembuat-board-game-mengenal-genreboard-game/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.