Perancangan Kemasan Hampers dengan Sistem Bongkar-Pasang untuk Lunio Design

Jessica Jessica Jessica(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Vanessa Yusuf(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Lunio merupakan sebuah brand dari Surabaya yang memproduksi souvenir dan hampers untuk acara ulang tahun, pertunangan, pernikahan, dan sebagainya. Permasalahannya terletak pada ketatnya persaingan pasar serta tak jarang konsumen berada di luar kota, luar pulau, hingga luar negeri. Sehingga jalur distribusi saat proses pengiriman hampers ke luar pulau perlu hampers yang inovatif dengan sistem bongkar-pasang untuk memudahkan dan menekan harga ekspedisi dari pengiriman. Sistem desain ini membuat Lunio memiliki keunggulan koleksi hampers yang berbeda dari kompetitor dan dapat menjadi solusi baru untuk mengatasi pemesanan hampers jarak jauh.

Keywords


hampers, pola kemasan inovatif, knockdown packaging.

Full Text:

PDF

References


Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga.

Dwi, Cahyono. (2017). Perancangan desain kemasan premium village leather berbasis kayu dan resin sebgai upaya meningkatkan brand awareness. Laporan Penelitian, Institut Bisnis Informatika Stikom Surabaya.

Prawira, M. (2018, October 30). Pengin buka bisnis hampers dan banyak pelanggan?ikuti cara jitu ini. Retrieved from https://www.moneysmart.id/bisnis-hampers-menggiurkan-dan-banyak-duit/

Klimchuk, Marianne dan Sandara A. (2006). Desain Kemasan., Erlangga, Jakarta.

Riadi, M. (2016, October 29). Pengertian, fungsi, tujuan dan jenis-jenis kemasan.Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html

Marsha, C. (2018, June 10). Menata cantik cuan hampers cake lebaran. Retrieved from https://peluangusaha.kontan.co.id/news/menata-cantik-cuan-hampers- cake-lebaran

Pratomo, N. (2017, June 18). Bisnis hampers: tak pernah kehabisan ide isi parsel. Retrieved from https://surabaya.bisnis.com/read/20170618/263/663819/bisnis-hampers-tak-pernah-kehabisan-ide-isi-parsel

Kotler, P. (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tracy, M. (2016, June 29).Tingjing: tradisi lamaran tionghua yang sudah mulai ditinggalkan. Retrieved from https://www.pegipegi.com/travel/tingjing-tradisi-lamaran-tionghoa-yang- sudah-mulai-ditinggalkan/

Tan, H. (2012, October 8).Manyue, tradisi untuk sang bayi. Retrieved from https://www.tionghoa.info/man-yue-tradisi-untuk-sang-bayi/

Putra, E. (2018, December 21). Idul fitri, natal dan tahun baru jadi momentum paling ditunggu pedagang parsel. Retrieved from https://jakarta.tribunnews.com/2018/12/21/idul-fitri-natal-dan-tahun-baru- imlek-jadi-momentum-paling-ditunggu-pedagang-parsel


Refbacks

  • There are currently no refbacks.