Perancangan Redesain Kemasan Produk Minuman Mawar Merek "Roos" Nganjuk

Bella Cornelia, Elisabeth Christine Yuwono, Vanessa Yusuf

Abstract


Roos adalah sebuah home industry yang menjual produk minuman mawar di kota Nganjuk. Pada umumnya bunga mawar hanya digunakan sebagai tanaman hias dan untuk ziarah kubur saat Idul Fitri, namun saat musim itu berakhir, harga bunga mawar turun drastis dan dibuang tanpa diolah lebih lanjut. Pada tahun 2014, Sri Karlinawati mengolah bunga mawar tersebut menjadi sebuah produk inovasi baru berupa minuman mawar yang unik. Permasalahannya terletak pada kemasan Roos yang belum memiliki identitas yang jelas, tampilan yang menarik, serta keamanan produk yang kurang terjamin. Padahal untuk dapat bersaing di era persaingan pasar modern ini, sebuah produk dituntut untuk memiliki keunikan dan identitas tersendiri agar mampu tampil menonjol dan berbeda dari kompetitor lainnya. Melalui perancangan redesain kemasan produk minuman mawar merek “Roos” Nganjuk, diharapkan akan mampu mengatasi kelemahan pada kemasan sebelumnya, mengangkat image, dan memperkuat positioning produk Roos sebagai oleh-oleh khas Nganjuk.

Keywords


Desain kemasan, Roos, Oleh-oleh Nganjuk, Minuman mawar

Full Text:

PDF

References


Bagaimana Cara Membuat Kemasan Produk yang

Baik. (2017).Retrieved March 7, 2019

from

http://www.asiabaru.com/bagaimana-caramembuat-kemasan-produk-yang-baik/

Bhirawa, Danu. (2018). Dibalik Potensi

Tersembunyi Mawar Sedudo. Retrieved

September 23, 2018, from

http://harianbhirawa.com/2018/07/dibalikpotensi-tersembunyi-mawarsedudo/

Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Redesain.

Retrieved February 15, 2019, from

https://azkamus.com/dictionary/redesain/

Klimchuk, Marianne Roster dan Krasovec, S.A.

(2007). Desain Kemasan: Perencanaan

Merek Produk yang Berhasil Mulai dari

Konsep sampai Penjualan. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Kondisi Geografis Kabupaten Nganjuk. (2018).

Retrieved March 7, 2019 from

https://www.nganjukkab.go.id/beranda/we

lcome/kondisi

Nurhudamu (2015). 10 Langkah Mengolah Sari

Mawar ala Mbak Lina.

Retrieved September 24, 2018 from

http://www.ngliman.com/2015/06/10-

langkah-mengolah-sari-mawar-alambak.html

Pendi (2016). Tren Pertumbuhan Kelas Menengah

Indonesia. Retrieved February 16, 2019

from

https://kawanpendi.com/2016/05/26/trenpertumbuhan-kelas-menengah-indonesia/

Savitri, Tania. (2019). 4 Keajaiban Air Mawar untuk

Kesehatan Tubuh. Retrieved March

, 2019 from https://hellosehat.com/hidupsehat/tips-sehat/manfaat-air-mawar-untukkesehatan/

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan & Promosi:

Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran Terpadu Jilid II (5th ed.)

Jakarta:Erlangga

Wahyudi, N. dan Satriyono, S. (2017). Mantra

Kemasan Juara. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Wahyuningsih, A. (2015). Kenali 7 Manfaat

Kesehatan dan Kecantikan dari Bunga

Mawar. Retrieved March 7, 2019 from

https://www.brilio.net/life/kenali-7-

manfaat-kesehatan-dan-kecantikan- daribunga-mawar-150917v.html#

Yusan, Shita. (2015). Sari Mawar Sebagai Salah

Satu Upaya Pemanfaatan Sumber Daya

Lokal. Retrieved September 22, 2018, from

http://www.ngliman.com/2015/03/sarimawar-sebagai-salah-satu-upaya.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.