Perancangan Poster Augmented Reality Mengenai Pencegahan Kejahatan Cybercrime Terhadap Perempuan

Josevina Gaby, Obed Bima Wicandra, Asthararianty Asthararianty

Abstract


Penggunaan sosial media kian meningkat akibat perkembangan zaman dan  bangkitnya era teknologi. Di abad 21, sosial media dan teknologi tak luput  dari perhatian para remaja, dan bahkan orangtua menggunakannya untuk berkomunikasi jarak jauh. Namun dibalik kepraktisan ini, banyak hal negatif yang perlu diketahui terkhususnya untuk remaja perempuan yang selalu menjadi obyek seksual dalam dunia maya. 

Karena itulah perancangan ini dibuat untuk menyadarkan para remaja perempuan untuk bertindak selektif dalam bersosialisasi dalam lingkup dunia maya. Penggunaan dan visual poster augmented reality (AR) ini baru, selain inovatif juga memberikan visual yang memberi kesan penasaran dan takut. Poster inovatif  ini bertujuan untuk membuka pola pikir para penonton perempuan mengenai ancaman yang akan datang dan menjadi lebih waspada dengan seluk beluk dunia maya.


Keywords


Poster AR; remaja perempuan; inovatif; Cybercrime

Full Text:

PDF

References


Eka, Randi. (2017). Perangkat VR dan AR Belum Populer di Indonesia, Namun Masyarakat Antusias Menyambutnya.

Retrieved February 5 2019,

from https://dailysocial.id/post/perangkat-vr-dan-ar-belum-populer-di-indonesia-namun-masyarakat-antusias-menyambutnya

Gumilang, Dhion. (2018). Opini: Ruang aman perempuan di dunia maya.

Retrieved February 6, 2019 from https://www.rappler.com/indonesia/berita/204637-opini-ruang-aman-perempuan-dunia-maya

Moenanto, ed.(2018). Mahasiswi Laporkan Perkosaan Setelah Terhubung Lewat Aplikasi Tinder. Retrieved January 25, 2019, from http://wartakota.tribunnews.com/2018/07/08/mahasiswi-laporkan-perkosaan-setelah-terhubung-lewat-aplikasi-tinder

Puspita, Ratna. (2018). Era Digital, Persoalan Perempuan Semakin Kompleks.

Retrieved February 5, 2019 from https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/03/09/p5c09w428-era-digital-persoalan-perempuan-semakin-kompleks)

Rosyidah, Ferya Nuh; Nurdin, M. Fadhil. (2018). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi. Sosioglobal, Retrieved February 6, 2019 from http://jurnal.unpad.ac.id/sosioglobal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.