Perancangan Brand Identity E-Commerce "Greater Good"

Jennifer Mariana Halim, Andrian Dektisa Hagijanto, Bernadette Dian Arini Maer

Abstract


Greater Good adalah e-commerce yang menjual produk natural, organik dan zero living product. Sebagai sebuah e-commerce, Greater Good hanya memiliki logo yang kurang mencerminkan identitasnya sebagai e-commerce produk natural, organik dan zero living product. Logo saja tidaklah cukup bagi sebuah e-commerce agar dapat dibedakan dengan kompetitor. Perancangan menggunakan metode analisa SWOT, kemudian diketahui bahwa target market Greater Good ibuibu muda memiliki insight tersendiri mengenai e-commerce. Berdasarkan simpulan di atas, perancangan yang dilakukan adalah perancangan brand identity dan media yang berfungsi untuk menunjukkan identitas Greater Good sesuai dengan target marketnya. Perancangan branding ini meliputi strategi branding dan beberapa aplikasi media seperti stationery, packaging, website dan social media. Diharapkan dengan adanya perancangan brand identity ini dapat membantu membangun citra Greater Good dan menciptakan brand awareness di kalangan target market.


Keywords


Greater Good;Brand Identity; E-Commerce; Natural dan Zero Living Product

Full Text:

PDF

References


Aitman, A. (2019). How to define brand touchpoints for a winning customer experience (Updated: May 2019). Canny. Retreived June 24, 2019, from https://www.canny-creative.com/how-to-define-brand-touchpoints-for-a-winning-customer-experience/

Baum, David. (1999). E-commerce. New Jersey: Oracle Corp.

Brigitte Borja de Mozota. (2003). Design management: Using design to build brand value and corporate innovation. New York: Allworth Press

Freddy Rangkuti. (2006). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hansen, R. & Tambo, T. (2011). Branding and channel Issues in e-commerce from an information system’s perspective. Denmark: Author

Hidayat, Taufik. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta: Mediakita

Jackson, Dominique. (2017, November 7). 10 Social Media Branding Strategies Every Business Should Follow. Sprout Social. Retrieved March 14, 2019, from https://sproutsocial.com/insights/social-media-branding/

Julianti, Sri. (2014). The art of packaging: mengenal metode, teknik, dan strategi pengemasan produk untuk branding dengan hasil maksimal. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen pemasaran. (Vol.1, 13th ed.). Jakarta: Erlangga

Kurniawan, A. (2011, October 8). Menimbang pilihan organik atau non organik. Neraca. Retrieved December 10, 2018 from http://www.neraca.co.id/article/5703/menimbang-pilihan-organik-atau-non-organik

Paramitha, Nadya. (2017, January 24). Produk alami dan produk organik, apa bedanya? Beauty Journal. Retrieved March 14, 2019 from https://journal.sociolla.com/beauty/produk-alami-dan-organik/

Rinkesh, Tanpa Tahun. What is Being Eco-friendly?. Retrieved April 4, 2019 from https://www.conserve-energy-future.com/10-steps-to-become-eco-friendly.php

Shaliha, I. (2018, November 30). 5 alasan kamu perlu mencoba kosmetik yang berasal dari zat organik. IDN Times. Retrieved December 10, 2018, from https://www.idntimes.com/life/women/indah-shaliha/5-alasan-kamu-perlu-mencoba-kosmetik-dari-zat-organik-c1c2/full

Spiegelman, H. (2006). Transitioning to zero waste - what can local governments do now?. Portland: Product Policy Institute

Stig, D. C. (2017). You need to dig deep to stand tall: an interview with brand strategy consultant michelle roberts. Retrieved March 20, 2019 from https://thewhitelabelagency.com/interview-brand-strategy-consultant-michelle-roberts/

Suhartadi, I. (2017, February 9). Minat masyarakat mengkonsumsi produk pertanian organik meningkat. Berita Satu. Retrieved December 10, 2018, from http://www.beritasatu.com/kesra/413545-minat-masyarakat-mengkonsumsi-produk-pertanian-organik-meningkat.html

T. Kelly. (1998). Brand essence - Making our brands last longer. The Journal of Brand Management, 5, 390-391

Wheeler, Alina. (2009). Designing brand identity: an essential guide for the entire branding team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

World Health Organization. (1999). Healthy living: what is healthy lifestyle?. Copenhagen: WHO Regional Office for Europe


Refbacks

  • There are currently no refbacks.