PERANCANGAN MERCHANDISE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUDAYA KHAS DAYAK NGAJU KALIMANTAN TENGAH

Yoyada Christ Dewantoro, Deddi Duto Hartanto, Elisabeth Christine Yuwono

Abstract


Perancangan merchandise sebagai media promosi budaya Dayak Ngaju. Dayak Ngaju adalah suku yang berasal dari Kalimantan Tengah. Kebudayaan Dayak Ngaju dapat menjadi salah satu daya Tarik wisata di Kalimantan Tengah. Tetapi kurang adanya media yang dapat menjadi media baru dan aplikatif yang sering ditemui masyarakat. Oleh sebab itu dengan mengunakan merchandise, informasi tentang budaya Dayak Ngaju dapat disampaikan dengan relevan. Menjadi media promosi budaya yang dapat mengajak rasa ingin tahu dan menggemari budaya Dayak Ngaju dan ketika wisatawan datang ke Kalimantan Tengah wisatawan dapat membeli merchandise sebagai pengingat atau kenang-kenangan.

Keywords


Merchandise, Budaya, Dayak Ngaju

Full Text:

PDF

References


Ardhi, Y. (2007). Merancang Media Promsi Unik dan Menarik, Yogyakarta: Macananjaya Cemerlang

Badan Pusat Statistik. (2011). Kewarganegaran, suku bangsa, agama dan bahasa sehari-hari penduduk Indonesia. Retrieved august 18, 2018 from :http://sp2010.bps.go.id/files/ebook/kewarganegaraan%20penduduk%20indonesia/index.html

Hendri, Ma’ruf. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kennedy, John E & Soemanagara. (2006). Marketing Comunnication. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kontjaraningrat, (2007). Manusia dan kebudayaan di Indonesia, Jakarta: Djambatan.

Koentjaraningrat, (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, Phillip (2000). Marketing Management, Edisi Milenium. New Jersey: Prentice Hall Intl, inc

Riwut, N. (2003). Tjilik Riwut Sanaman Mantikei, Maneser Panatau Tatu Hiang Menyelami Kekayaan Leluhur. Palangkaraya: Pusaka Lima.

Supartono, W. (2001). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia

Tirtosudarmo, R. (2007). Mencari Indonesia: Demografi-politik pasca-Soeharto. Jakarta: LIPI Press..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.