PERANCANGAN KEMASAN "SAREM GENDIS' DI SURABAYA

Laurensia Lay(1*), Listia Natadjaja(2), Erandaru Srisanto(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Sarem Gendis adalah sebuah usaha home industry kue kering yang menggunakan sistem online store di Surabaya. Media online yang digunakan Sarem Gendis adalah instagram, namun kemasan Sarem Gendis yang kurang menarik tidak dapat mendukung penjualan produk. Untuk lebih memperkenalkan Sarem Gendis di masyarakat, maka diperlukan kemasan yang lebih menarik untuk dapat menangkap perhatian konsumen. Tampilan kemasan sebuah produk sangat berkaitan dengan persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk. Oleh karena itu, perancangan desain kemasan Sarem Gendis bertujuan untuk mengenalkan produk Sarem Gendis sebagai produk yang berkualitas. Peningkatan persepsi konsumen terhadap kualitas produk Sarem Gendis akan meningkatkan nilai Sarem Gendis untuk mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor lain.


Keywords


Sarem Gendis; home industry; kue kering; kemasan; persepsi

Full Text:

PDF

References


Ajir. (12 Oktober 2010). Logo dan Brand: Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya. Diunduh 29 Juli 2018 dari http://www.desainstudio.com/2010/10/logo-dan-brand-pengertian-fungsi-dan.html

Asia, Cascade. (24 Agusutus 2016). Manufacturing and Indonesia’s Economy. Diunduh 1 Agusutus 2018 dari http://www.cascadeasia.com/2016/08/manufacturing-indonesia-economy

Cenadi, C. S. (Januari 2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Nirmana, 2(1), 92-103.

Julianti, Sri. (2014). The Art of Packaging : Mengenal Metode, Teknik, dan Strategi Pengemasan Prosuk Untuk Branding dengan Hasil Maksimal. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Klimchuk, M. R. & Krasovec, S. A. (2007). Desain Kemasan: Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid I (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Saladin, H. Djaslim. (2003). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran (3th ed.). Bandung: Penerbit Linda Karya.

Twedt, D. W. (January 1968). How Much Value Can Be Added Through Packaging?. Journal of Marketing , 32(1), 58-61. Diunduh 11 September 2018 dari https://archive.ama.org/archive/ResourceLibrary/

JournalofMarketing/documents/4997547.pdf

Wirya, Iwan. (1999). Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.