Pengaruh Desain Cover Novel Bertemakan Percintaan Terhadap Daya Tarik Bagi Target Audience Di Surabaya

Sonia Anggraini Saputra(1*), Wibowo Wibowo(2), Hendro Aryanto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain cover novel merupakan jati diri dari sebuah novel. Cover novel berisikan informasi secara visual cerita yang terkandung di dalam sebuah novel. Lewat penilitian ini akan digali lebih dalam sejauh mana pengaruh cover novel terhadap daya tarik bagi target audience. Cover dari novel-novel yang menjadi sampel dibedah menggunakan teori desain untuk mengetahui bagaimana desain menarik ketertarikan audience. Selain daripada itu dikupas juga makna dari cover novel-novel yang menjadi sampel penelitian menggunakan teori semiotika Roland Barthes.


Keywords


Cover Novel, Estetika, Persepsi, Daya Tarik

Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. (1977). The Photographic Message. New York: Hill and Wang.

Budiyanto. (2013). Contoh Macam-macam Program Aplikasi. Diunduh 20 April 2013 dari http://budisma.web.id

Buku Kafe. (2012). Best Friends Become Lovers. Diunduh 20 April 2013 dari

DG Indonesia. (2009). Desain Sebuah Perbincangan Berikut. Diunduh 20 Maret 2013 dari http://dgi-indonesia.com/teori-desain-sebuah-perbincangan-berikut/

DG Indonesia. (2009). Transformasi Fungsi Gambar Dalam Ilustrasi: Dari Dekorasi Visual, Interpretasi Visual, Jurnalis Visual Sampai Opini Visual. Diunduh 20 Maret 2013 dari http://dgi-indonesia.com/transformasi-fungsi-gambar-dalam-ilustrasi-dari-dekorasi-visual-interpretasi-visual-jurnalis-visual-sampai-opini-visual/

Ees. (2004). Kekuatan Garis Dan Warna Corel Draw 12 For Designer. Jakarta: Elex Media Komputindo

Fiske, John. (2004). Cultural and Communication Studies. Yogyakarta: Jalasutra

Fitzgerald, Maureen., David Arnott. (1999) An International Of Classic And Contemporary Papers. London : Cengange Learning

Jeffkins, Frank. (1997). Periklanan. Edisi Ketiga. Jakarta: Penertbit Erlannga

Gill, Martha. (2000). Color Harmony: Naturals: A Guide Book For Creating A Great Color Combination. Gloucester, USA: Rockport Publisher

Goldberg, Caryn Mirriam. (2003). Daripada Bete, Nulis Aja. Jakarta: PT Mizan Publika

Kata Hati Sebutlah Itu Cinta. (2013).Diunduh 20 April 2013 dari http://www.goodreads.com/book/show/16034570-my-longdistance-r

Kusrianto, Adi. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: Elex Media Komputindo

McGaugh, James L., Richard F. Thompson, and Thomas O. Nelson. (1977). Psychology I As Experimental Approach. USA: Albison Publishing Company.

Orizuka. (2012). Oppa & I Love Missions. Diunduh 20 April 2013 dari http://orizuka.com/books/oppa-i-love-missions/

Rakhmat, Jalaluddin. (2003). Psikologi Komunikasi. Ed. Tjun Surjaman. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahmadewi Mita. (2012). My @LongDistance_R. Mita Rahmadewi 2012. Diunduh 20 April 2013 dari http://www.mitarahmadewi29.blogspot.com/

Randall, Kerry., Andru J.Johnson.(2005). The Lawyer's Guide to Effective Yellow Pages Advertising. USA: American Bar Association, 2005.

Royan, Frans M.(2007) Smart Launching New Product.Jakart : Elex Media, 2007

Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sanyoto, Sadjiman Ebdi.(2009). Nirmana Dasar-dasar Seni Dan Desain. Jakarta: Jalasutra, 2009.

Sihombing, Danton.(2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Terbaik Kelas Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi

Suyitno.(1986). Sastra Tata Nilai dan Eksegesis. Yogyakarta: Penerbit Hanindita

Tinarbuko, Sumbo.(2009) Semiotika Komunikasi Visual Rev. Ed. Yogyakarta: Jalasutra, 2009

Tyan. (2013). Perahu Kertas. Diunduh 20 April 2013 dari http://www. yantirahayu.bloginformasiteraktual.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.