PERANCANGAN CERGAM INTERAKTIF DENGAN TEMA BULLYING UNTUK ANAK UMUR 10-12 TAHUN

Sophia Lerina Chandra(1*), I Wayan Swandi(2), Alvin Raditya Sutopo(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kasus bullying semakin marak terjadi terutama di lingkungan sekolah, namun ternyata masih banyak orang yang belum benar-benar mengerti apa itu bullying dan dampak-dampak yang ditimbulkannya. Dampak-dampak negatif yang disebabkan bullying bukan hanya pada korban tapi juga pada tapi juga pada pelaku, antara lain tidak percaya diri, depresi, gelisah dan kecenderungan bersifat agresif. Bullying yang terjadi pada anak dapat memberikan luka psikologis yang dibawa sampai seumur hidup. Perancangan ini dibuat dengan tujuan agar anak usia 10-12 tahun menyadari akan bullying yang terjadi dan dampak-dampak yang ditimbulkannya. Dengan begitu diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih baik dengan kehidupan sosial yang lebih sehat.

Keywords


Cergam, interaktif, bullying, aplikasi

Full Text:

PDF

References


Achroni, Keen. Ternyata Selalu Mengalah Itu Tidak Baik. Jogjakarta : Javalitera, 2012.

Ali, Lukman dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1988.

Ali, Lukman dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Ali, Lukman dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Angkat, Guntur. “Selintas Sejarah Komik Indonesia”. 2004. 8 Maret 2013.

Astuti, Ponny Retno. Meredam Bullying. Jakarta: Grasindo, 2008.

Banks, Ron . “Bullying in School”. 1997 . 9 Desember 2012.

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2008.

Erikson, Erik.H dan Joan M.Erikson. The Life Cycle Completed. New York: W.W Norton, 1997.

Ginsburg, Herbert.P dan Sylvia Opper. Piaget's theory of intellectual development. New Jersey : Eaglewood Cliff, 1988.

Komnas Perlindungan Anak.” Terjadi 139 Kasus Bullying di Sekolah Tahun 2011 “ < http://www.surabayapost.co.id/> 2012. 29 September 2012.

Kusni, J.J. .”Mengembangkan Cergam Lokal”. 2011. 16 Maret 2013.

Martiningtyas, Nining. “Pengertian Multimedia Interaktif” < http://nining.dosen.narotama.ac.id/2012/02/06/pengertian-multimedia-interaktif/ > 2012. 9 Februari 2013.

McCloud, Scott. Understanding Comic: Memahami Komik. Jakarta : KPG, 2001.

Nurhaida, Ida. “Merancang Media Hiburan Buku Cergam Menjadi Media Belajar”, Mediator. Bandung : Unisba, 2007.

Petersen, Robin . Comics, Manga, and Graphic Novels : A History of Graphic Narratives. Santa Barbara : Praeger. 2011.

Petra Christian University Online Catalo. Perancangan buku novel grafis dalam upaya pemberdayaan korban bullying untuk remaja. 2012. 30 September 2012.

Richer, Anne. Art and Crafts of Indonesia, San Fransisco: Chronicle Books, 1993.

Rigby, Ken. Bullying in School : and what to do about it. Victoria: ACER Press, 2007.

Sandjaja, B. & Albertus Heriyanto. Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. NIRMANA : Dasar-dasar Seni dan Desain . Yogyakarta & Bandung : Jalasutra, 2009.

Segel, Edward & Jeffrey Heer. “Narrative Visualization: Telling Stories with Data”. Stanford : Stanford Unuversity, 2010.

Setiawan, Octa Reni. “BULLYING: Kekerasan Teman Sebaya di Balik Pilar Sekolah” < http://www.kabarindonesia.com/> 2008. 29 September 2012.

Soetjiningsih, Christina Hari. Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada, 2012.

Stopbullying, Bullying Definition, 9 Desember 2012.

Stopbullying, Roles Kids Play, 9 Desember 2012.

USU Instutitional Repositor. Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Depresi pada Remaja Awal Korban Bullying, 2012. 1 Desember 2012.

Wigan, Mark. Text and Image. Switzerland : AVA Publishing SA, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.