Perancangan Buku Esai Fotografi Mengenai Gambang Semarang Art Company

Brigitta Amelia Linardi(1*), Wibowo Wibowo(2), Hendro Aryanto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Gambang Semarang merupakan kesenian khas Semarang yang memiliki daya tarik tersendiri melalui pertunjukan musik, tari, dan lawakan, dan sejak tahun 1930 telah dianggap sebagai ikon kota Semarang. Dalam perjalannya Gambang Semarang hampir punah dikarenakan tidak adanya proses regenerasi dan kurangnya pengetahuan masyarakat akan kesenian tersebut. Melalui sebuah buku esai fotografi tentang Gambang Semarang diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan melahirkan kepedulian masyarakat terhadap seni budaya. Ke depannya, melalui buku esai ini Gambang Semarang semakin maju dan berkembang sehingga membawa dampak positif bagi masyarakat dan kota Semarang.


Keywords


buku, fotografi, kesenian budaya, desain layout.

Full Text:

PDF

References


Gambang Semarang Art Company. Gambang Semarang Reunian. Gambang Semarang Art Company. Sobokarti, Semarang. 12 December 2012.

Gambang Semarang Art Company. Nggambang Nang Bustaman. Video.. Bustaman, Semarang. 18 May 2013.

“Gambang Semarang Tak Lagi Gamang”. Suara Merdeka. 08 December 2010. 20 February 2013 .

“Kesenian Gambang Semarang Suatu Bentuk Integrasi Budaya Jawa dan Cina”. Kesenian Jawa UNDIP. 14 June 2012. 20 February 2013 .

"Penataan Kesenian Gambang Semarang Sebagai Identitas Budaya Semarang” Laporan Terpadu Hibah Bersaing Perguruan Tinggi. Semarang: Universitas Diponegoro. 2000.

Puspita Records. ”Gambang Semarang” www.gambangsemarang.com. N.d. 20 February 2013. .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.